Delegasi Bisnis India Menawarkan Kerjasama Investasi ke Sumut

Konjen India di Medan Shubham Singh (kanan) bersama Sujata Sudarshan, Chief Representative Confederation of India Industry  (kiri) pada jamuan makan malam di City Hall Medan Kamis (10/8) malam.

sentralberita | Medan ~ Delegasi 15 pengusaha India mengunjungi Medan, Sumatera Utara, dari 9 – 12 Agustus 2023. Rombongan tiba di Medan Rabu (9 Agustus 2023) dan bertemu dengan Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh, di Konsulat Jenderal India di Medan . 

Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh menjamu makan malam 15 delegasi India dengan sejumlah pengusaha di daerah ini yang tergabung dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan di City Hall Medan Kamis (10/8) malam.

Rombongan delegasi bisnis India itu dipimpin Sujata Sudarshan, Chief Representative Confederation of India Industry yang berkantor di Jakarta. Sedangkan pengusaha Sumut yang hadir antara lain Ketua Kamar Dagang dan Industri Medan Arman Chandra.

Konjen Shubham mengatakan 15 delegasi bisnis India hadir di Sumut untuk menjajaki kerjasama investasi di berbagai bidang seperti pertambangan dan agriculture, kesehatan, manajemen tata kelola air limbah dan otomobil semacam traktor mini untuk membantu petani. Juga menawarkan capacity building. “Kerjasamanya menguntungkan dua pihak, Indonesia dan India,” katanya.

Konjen berhara dengan adanya pertemuan ini diharapkan ada yang bisa direalisasikan dalam bidang yang ditawarkan itu. Delegasi 15 itu dari delapan perusahaan, sebagian besar merupakan perusahaan besar di India

“India juga membuka peluang kerjasama bagi perusahaan Indonesia untuk investasi di India,” terjangnya.

Shubahm berharap perusahaan kedua negara India dan Indonesia dapat saling berinteraksi pada pertemuan ini. Semoga dapat saling memberikan waktu untuk saling dapat bekerjasama. 

Sujata Sudarshan, Chief Representative Confederation of India Industry mengatakan dia membawa 15 org delegasi ke Sumut Membawa agriculture, teknologinya dan budidayanya.

Dia mewakili asosiasi bisnis terbesar di India dimana asosiasi ini mempunyai 9000 perusahaan, beberapa di antaranya sudah ada yang berinvestasi di Indonesia.

“Sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan India yang investasi di Sumut. Tapi kali ini kami membawa perusahaan yang fokus di bidang pertanian,” katanya.

Indonesia merupakan potensi besar di Asia Tenggara. Perusahaan India tertarik untuk investasi ke Sumut

Sesampai di Medan, delegasi India itu juga mengunjungi Bank Indonesia Sumatera Utara dan bertemu dengan Yura Djalin, Deputi Direktur Departemen Akuntansi dan Sistem Pembayaran. Dalam kunjungan tersebut, delegasi juga akan bertemu dengan pejabat pemerintah dari Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, perwakilan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) di Sumatera Utara, dan pengusaha lain dari Provinsi. 

Dalam kunjungan tersebut, delegasi juga akan mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Sumatera Utara – Kawasan Industri Sei Mangkei dan Kuala Tanjung, untuk menjajaki kemungkinan investasi.

Anggota delegasi ini berasal dari berbagai sektor industri, seperti kendaraan bermotor listrik, pendukung mobilitas, energi terbarukan, infrastruktur, daur ulang, pengelolaan air, kelapa sawit, pertanian, kesehatan, kendaraan roda dua dan tiga, medis, pariwisata dan lain-lain . Kunjungan tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan investasi dari India di Sumatera Utara dan mempererat hubungan perdagangan bilateral antara India dan Indonesia.

Anggota Konfederasi Industri India (CII) juga merupakan bagian dari delegasi ini. Delegasi ini sebelumnya telah mengunjungi Aceh pada Juni 2022. CII adalah organisasi non-pemerintah, nirlaba, dipimpin industri, dan dikelola industri dari India.

Selain itu, CII di Indonesia membantu anggota industri India untuk berkolaborasi dengan mitranya dan menjadi bagian dari kisah pertumbuhan Indonesia. Selain itu, kunjungan ini juga akan memberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari pengusaha Indonesia di Provinsi mengenai kerjasama dengan mitra India.
(Wie)