Bupati Toba Lepas Kontingen Kwarcab Pramuka Toba Ikuti Jamnas 2023, Poltak Sitorus: Ceritakan Hal Baik Tentang Toba

sentralberita| Toba~ Bupati Toba, Poltak Sitorus melepas Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Toba ke Bumi Perkemahan Cibubur di halaman kantor Bupati Toba di Balige, Kamis (10/8/2023). Sebanyak 32 peserta dan 4 orang pembina akan mengikuti Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur terhitung sejak 14-21 Agustus.

Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Toba berangkat menggunakan bus melalui jalur darat pada Kamis (10/9/2023) dan akan tiba di Cibubur pada 13 Agustus. Selama di Bumi Perkemahan Cibubur, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Toba akan mengikuti Raimuna Nasional. Raimuna Nasional menjadi wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia untuk mempererat tali persaudaraan sesama Anggota Pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan.

Raimuna Nasional juga bertujuan untuk
membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan dikalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberi kegiatan yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupannya dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda serta menjadi inspirasi dikalangan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Bupati Toba, Poltak Sitorus berpesan agar para peserta mengikuti semua kegiatan yang akan berlangsung selama pelaksanaan Raimuna untuk menambah pengetahuan, kreatifitas, inovasi, dan teman-teman dari seluruh Indonesia. Selain itu, Poltak Sitorus juga berpesan agar peserta menceritakan pariwisata di Kabupaten Toba.

“Selama di sana, ceritakanlah hal-hal baik tentang Toba. Terutama tentang pariwisata di sini, tentang alamnya, budayanya dan semua keindahan Kabupaten Toba,” ujar Poltak Sitorus.

Selain itu, dirinya juga berpesan agar para peserta bersosialisasi dengan peserta lain dari seluruh Indonesia.

“Cari teman sebanyak-banyaknya di sana. Jadikan itu menjadi jaringan kalian untuk masa mendatang. Jangan asyik main HP sendiri, harus bergabung dengan semua peserta,” katanya menambahkan.

Tidak hanya pesan selama mengikuti kegiatan. Bupati Toba juga meminta para peserta menjaga kesehatan.

“Di atas semuanya itu, mari kita sama-sama berdoa agar semua peserta dan pembina yang akan berangkat selamat sampai tujuan, hingga kembali ke Toba. Sehat berangkat, sehat juga kembali sampai ke Toba,” sebut Poltak Sitorus.

Pemberangkatan tersebut digelar dengan upacara yang juga diikuti para orang tua peserta dan pembina. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Toba mengirimkan 32 peseta didik yang terdiri dari 16 Putra dan 16 Putri yang berasal dari beberapa sekolah yaitu, 1 orang dari SMAN 1 Balige, 7 orang dari SMAN 2 Balige, 1 orang dari SMA Bintang Timur 1 Balige, 1 orang dari SMK N 3 Balige, 6 orang dari SMAN 1 Laguboti, 1 orang dari SMA Unggul Dell, 3 orang dari SMAN 1 Siantar Narumonda, 3 orang dari SMAN 1 Silaen, 6 orang dari SMAN 1 Uluan, 1 orang dari SMAN 1 Parmaksian, dan 2 orang dari SMAN 1 Pintu Pohan Meranti.

Turut hadir dalam pemberangkatan kali ini, Kapolres Toba diwakili oleh Kapolsek Balige Iptu Selamat Pasaribu, Waka Kawarcab Audi Murphy O.Sitorus Muperwakilan Kacabdis Wilayah VIII Balige, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Toba, Rikardo Hutajulu, para Kepala Sekolah atau Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan dan orang tua peserta didik.(SB/MPS)