Sosialisasi Pencegahan Kanker, Nawal Lubis Dorong Ibu-Ibu Jadi Agen Edukasi di Lingkungannya

sentralberita|Medan~ Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mendorong para ibu rumah tangga jadi agen edukasi pencegahan kanker. Ibu rumah tangga, menurutnya harus punya kepedulian tinggi dengan kesehatan keluarganya.

Data dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, tahun 2023 terdapat 3.206 penderita kanker di Sumut. Diantaranya 393 orang penderita kanker payudara,  disusul leukimia 313 orang, kanker paru 293 orang, kanker kelenjar getah bening 238 orang dan lainnya.

“Perempuan sangat rentan terkena kanker, jadi ibu-ibu harus peduli dengan diri sendiri dulu, kemudian keluarga, kemudian menjadi agen-agen edukasi di lingkungannya masing-masing,” kata Nawal Lubis pada acara Sosialisasi Kesehatan Pencegahan Penyakit Kanker kepada Aisiyah Kota Sibolga di Graha Aulia Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Jalan Kapten Marulin Sitorus Nomor 8, Kota Sibolga, Selasa (1/8).

Nawal Lubis mengatakan, kehidupan akan berubah drastis bila ada yang menderita kanker. Waktu akan banyak tersita untuk merawat anggota keluarga yang menderita kanker.

Sementara itu, Ketua Aisiyah Kota Sibolga Nelly Afifi Lubis berharap ilmu yang disampaikan disebarkan kepada masyarakat luas. Dia juga mengingatkan agar bisa lebih dini mengenali kanker agar bisa ditangani lebih baik.

“Ilmu yang disampaikan tentu sangat berguna, sebarkan ke suluruh masyarakat dan bisa mengenali kanker lebih dini agar bisa lebih mudah untuk sembuh,” kata Nelly Afifi Lubis.

Hadir Ketua YKI Sibolga Farida Jamaluddin Pohan dan Wakil Ketua YKI Sibolga Lumsedia Pantas Lumbantobing. Juga tokoh-tokoh Aisiyah, tokoh masyarakat serta OPD terkait Pemprov Sumut. (SB/01)