Buka Pelatihan Anyaman di Nias, Nawal Lubis Harapkan Tumbuh Wirausaha Baru

Nawal Lubis, saat membuka pelatihan di Hotel Kaliki Gunungsitoli, Selasa (20/6).

sentralberita | Nias ~ Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis, membuka pelatihan anyaman zona Kepulauan Nias. Kegiatan yang digelar Dekranasda Sumut ini, bertujuan meningkatkan kreativitas dan keterampilan masyarakat setempat.

“Selain itu, pelatihan ini kita harapankan menumbuhkan wirausaha baru, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Nias. Jadi yang ikut pelatihan ini, dapat membantu perekonomian keluarganya nanti,” ucap Nawal Lubis, saat membuka pelatihan tersebut di Hotel Kaliki Gunungsitoli, Selasa (20/6).

Nawal Lubis meminta para peserta aktif dan komunikatif selama mengikuti pelatihan, serta tidak segan untuk bertanya kepada pelatih. Agar semua ilmu yang ada sama pelatih, benar-benar dapat ditransfer kepada peserta.

“Sebanyak 20 orang ini, harus gunakan waktu empat hari ini dengan baik, jangan segan, malu, tidak masalah kalau kita tidak tahu, bertanyalah, gunakan pelatihan ini dengan baik, karena semua ini untuk kebaikan peserta,” katanya.

Jika para peserta sudah mahir, lanjutnya, akan diikutkan di berbagai pameran. Karena, menurut Nawal Lubis, produk-produk kerajinan dari Sumut banyak peminatnya, tidak hanya di dalam negeri, orang luar negeri juga suka dengan kerajinan dari Sumut.(01/red)