Kadis LHK Sumut Sosialisasikan SUMPATUMI di PRSU

stan dinas lhk provsu di PRSU

sentralberita | Medan ~ Penyelenggaraan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 49 tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumatera Utara (Sumut) melakukan kegiatan berupa sumbang sampah tukar mie (Sumpatumi).

Menurut Kepala Dinas LHK Sumut, Yuliani Siregar, kegiatan sumpatumi ini bagian dari edukasi berupa pengumpulan sampah khususnya botol – botol plastik yang dapat ditukarkan dengan mie instan.

“Disini sampah-sampah botol bisa ditukar, dengan 5 botol plastik bekas kita tukar dengan mie instan,” ujar Yuliani Siregar, Minggu (18/6/2023) saat di stand pameran Dinas LHK Sumut di arena PRSU Jalan Gatot Suroboyo Medan.

Melalui kegiatan sumpatumi ini, sebut Yuliani, selain memberi edukasi masyarakat untuk mengumpulkan sampah juga membantu pihak pengelola PRSU dalam menjaga kebersihan lokasi acara.

Baca Juga :  Masyarakat Minta APH dan Dinas Terkait Hentikan Pelepasan Hewan Tanpa Izin di Danau Toba

Adapun, sampah – sampah botol plastik yang terkumpul nantinya, tambahnya, bisa diolah menjadi bahan bakar dari plastik.

Artinya, katanya, Dinas LHK Sumut sangat mengedepankan masalah lingkungan hidup, dimana selama ini sampah – sampai yang dianggap tidak berguna.

“Jadi, disini di pameran (PRSU) kita edukasi masyarakat bahwa sampah itu bisa diolah untuk magot (makanan ternak) juga bisa diolah menjadi eko enzim,” paparnya.

Sedangkan, sampah – sampah limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) bekas olahan minta, minyak makan dan kelapa sawit, dapat diolah menjadi briket atau batubata.

Dikesempatan itu juga, Yuliani Siregar menambahkan, di arena pameran PRSU ini, Khusus Dinas Kehutanan juga melakukan sosialisasi terkait peraturan serta perizinan usaha untuk sektor kehutanan.(01/red)

Baca Juga :  Langkah Proaktif: Kapolda Sumut Memimpin Upacara Peletakan Batu Pertama Rumah Dinas dan Penanaman Pohon di Labuhanbatu Selatan