Harapkan Perhatian Terhadap Atlet, GABSI Sumut Targetkan 2 Emas di PON 2024

sentralberita | Medan ~ Pengurus Provinsi Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Pengprov GABSI) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan 2 medali emas pada cabang olahraga bridge di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut – Aceh.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) GABSI Sumut Perwira di dampingi Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) GABSI Sumut Denny Bangun Syahputra Nasution kepada wartawan di Posko Publikasi PON 2024 wilayah Sumut, Selasa (13/6/2023).

“Atlet terus berlatih dan berlatih, kita sudah menyiapkan 6 atlet putra penjaringan mandiri dan 4 atlet putri sedang mengikuti Pelatda dan target 2 medali emas,” kata Sekum GABSI Sumut.

Ia menuturkan, saat ini kuota atlet untuk PON tersedia keseluruhan 18 atlet, kita masih punya 10 atlet.

“Jadi untuk mengikuti 5 nomor lomba yang dipertandingkan kita harus melengkapi 18 atlet tersebut,” tutur Perwira.

Kepala Binpres Denny menimpali, bahwa kendala yang terjadi untuk melengkapi jumlah atlet ialah beberapa atlet berprestasi dari Sumut ada yang menempuh pendidikan di Aceh dan Padang.

“Atlet brigde ini ketika atlet sudah matang bermain, untuk kesejahteraannya sangat kurang. Lebih menggiuarkan mereka bermain di Aceh dan Padang sehingga mereka menempuh pendidikan disana,” ungkapnya.

Harusnya atlet diberi perhatian misal, harap Denny, bisa masuk UNIMED atau USU tanpa tes, ini yang kita susah.

“Di Aceh atlet asal Sumut di pakai, saya garansi karena mereka sudah tahu kualitas atlet. Sumut ini tidak kekurangan orang pintar untuk atlet bridge. Kita mendorong USU ataupun UNIMED memberikan jalur khusus kepada atlet birgde berprestasi untuk dapat masuk tanpa tes agar atlet kita tidak diambil orang lain, ini kan susah mereka mengikuti Pelatda karena jauh,” tegasnya.

Turud hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian diwakili Joni Siahaan serta Pengawas dan Pendamping (Wasping) KONI Sumut Johny Silalahi.

Sementara itu, Wasping KONI Sumut juga mengutarakan, perlu kami jelaskan bridge ini olahraga menggunakan pikiran dan mengandalkan chemistry.

“Maka pasangan harus sering berlatih bersama. Pelatihan tekniknya bisa bermain langsung dan bisa bermain secara online,” pungkas Johny Silalahi.(01/red)