Medan Belawan Juara Umum Cabor Dayung Porwil Medan 2023

sentralberita|Medan~Sebanyak 63 atlet putra dan putri adu prestasi di Cabang Olahraga (Cabor) dayung pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) kota Medan VIII/2023 Wilayah III yang digelar di Kampung Nelayan Belawan, Selasa (28/2/2023)

Kontingen kecamatan Medan Belawan tampil sebagai juara umum dengan torehan 3 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu. Medali emas Medan Belawan diraih pada kelas lomba dayung tradisional, Riski (kayak 1 putra 500 m, Yulia Azara (canoe putri 200)

Peringkat kedua diraih Medan Marelan dengan mendulang 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Untuk posisi ketiga diraih Medan Helvetia dengan raihan 1 emas dan 2 perak. Medan Labuhan peringkat keempat dengan mengoleksi 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Cabor Dayung Porwil Kota Medan VIII/2023 diikuti 63 peserta, dengan kelas yang dipertandingkan lomba perahu tradisional, Kayak 1 putra 500 m, kayak 1 putra 200 m, Kayak 1 putri 500 m, kayak putri 200 m, canoe putra 500 dan canoe putri 200 m.

Olahraga uji adrenalin ini diikuti 7 kecamatan yakni Medan Helvetia, Medan Marelan, Medan Labuhan, Medan Deli, Medan Belawan, Medan Barat dan Medan Timur

Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) kota Medan Kolonel (Mar) Maslan Tumanggor mengatakan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kota Medan VIII/2023 sebagai ajang untuk memantau dan menjaring atlet-atlet muda potensial untuk selanjutnya dibina secara intensif sebagai atlet yang dipersiapkan menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Sehingga ke depanny,a tambahnya, Kota Medan tidak kekurangan atlet dayung sekaligus mewujudkan Medan sebagai kota atlet.

“Untuk saat ini PODSI Medan terus secara intensif dengan mematangkan persiapan bagi atlet sebagai persiapan menuju Selekda sebagai ajang untuk lolos PON XXI/2024 Sumut-Aceh, yang digelar KONI Sumut Juni mendatang”, tutur Maslan

Ia menambahkan, intinya PODSI Medan harus mempersiapkan atlet berkualitas dan memiliki mental juara sehingga dapat menyingkirkan daerah lain berasal dari Sumut saat Selekda nantinya.

“Porwil kota Medan yang merupakan program rutin KONI Medan setiap tahun mendapat sambutan positif dari kalangan muda khususnya pelajar. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut mewakili kecamatan masing-masing. Hal Ini tentunya sangat kami apresiasi sehingga ke depannya atlet dayung kota Medan dapat menorehkan prestasi pada level regional, nasional bahkan internasional,” tutupnya.

Porwil Kota Medan dihadiri pengurus PODSI kota Medan antara lain Sartana (sekretaris), Wenri (bendahara) dan Mayor Mar Robby Barus (wakil bendahara) dan pengurus club’ dayung serta koordinator KONI Kecamatan.(SB/01)