Disdikbud Aceh Timur Gelar Festival dan Lomba Literasi Nasional

Foto bersama dalam acara festival dan lomba literasi di SDN7 (SB/F-Ist)

sentralberita | Aceh Timur ~ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Timur melaksanakan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar, selasa 15/11/22.

Acara berlangsung sejak pukul 08.00 s.d selesai, full satu hari penuh dan diselenggarakan tepatnya di lokasi SDN 7 Idi Rayeuk kabupaten Aceh Timur.

Acara dimulai dengan registrasi peserta pada setiap katogori lomba, meeting dewan juri, pembukaan, pengarahan dewan juri kepada peserta, kegiatan lomba (perpentasan perkegiatan lomba), acara penutupan sekaligus pembagian hadiah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Timur melalui sekretarisnya Muslim Z, S.Pd. M.Pd. membuka dengan mengusung tema “Suka Cita Anak Indonesia Belajar sepanjang hayat”.

Dalam arahan dan sambutannya, pak Muslim Z menyampaikan prestasi sebuah sekolah selain keindahan bangunan, adalah prestasi siswa. Jadi, kemajuan sekolah adalah tanggung jawab semua komponen Pendidikan.

Perlombaan yang di ikuti oleh 112 peserta terdiri dari tujuh perwakilan wilayah, setiap wilayah terdiri dari dua utusan perkatagori lomba yaitu putra dan putri.

Adapun bidang yang diperlombakan adalah lomba baca puisi, lomba mendongeng, lomba menulis pantun dan lomba menulis cerpen. Tujuan kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan dan meningkatkan bakat, minat serta prestasi siswa sekolah dalam berliterasi. Dikutip dari laporan ketua Panitia yang akrap di sapa pak Bur.

Selain itu ketua panitia juga menjelaskan dalam perlombaan kali ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur dalam menyelenggarakan kegiatan ini melibatkan para dewan juru dari yang berprestasi di bidang literasi baik dari dinas Pendidikan sendiri dan dari Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Serangkaian perlombaan yang berlangsung dalam waktu bersamaan di pentas setiap katagori lomba selesai lebih kurang pukul 16.00 WIB, dilanjutkan dengan penutupan sekaligus pembagian hadiah.

Semarak teriakan kebahagian dari peserta yang menjadi pemenang saat panitia membacakan hasil perlombaan yang dinantikan di bawah gerimis hujan menjadikan kegiatan ini semakin meriah, Peserta yang menjadi juara selain mendapatkan tropi juga mendapakan uang pembinaan. Bersumber dari ibu Ita, salah seorang dewan juri dalam acara FL2N di SDN 7 Aceh Timur.(rf)