PKS PT. Anugerah Makmur Jaya, Dari Profesionalisme Hingga Ramah Lingkungan & Kesejahteraan

Pengurus PKS PT. Anugerah Makmur Jaya Kota Tebing Tinggi, Drs. H. Mohammad Akmal (kemeja hijau) saat mendampingi sejumlah wartawan menunjukkan proses produksi dan sistem pengolahan limbah pada Sabtu, (3/9/2022). SB-jontob

sentralberita | Tebing Tinggi ~ Terjadinya peningkatan dan tingginya kebutuhan terhadap pasokan minyak nabati di pasar global pada sektor industri minyak kelapa sawit mengiringi pesatnya pertumbuhan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) dalam negeri di Indonesia.

Tingginya permintaan maupun produk turunan dari minyak sawit tersebut memberikan peluang bisnis bagi pengusaha-pengusaha industri kelapa sawit atau PKS-PKS skala kecil maupun besar untuk berkontribusi meningkatkan kuantitas dan kualitas produksinya secara profesional.

Seperti halnya dengan PKS PT. Anugerah Makmur Jaya yang berdomisili di Jln. AMD Lk. VI Kelurahan Bulian Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Indonesia.

Dimana untuk memenuhi pasokan dan hasil produksi yang berkualitas dan higienis serta ramah terhadap lingkungan PT. Anugerah Makmur Jaya dikelola secara teliti dan profesional oleh tenaga pekerja yang berkemampuan dibidangnya. Karena, selain untuk mendapatkan hasil produksi berkualitas dan higienis, dampak terhadap lingkungan tentunya menjadi perhatian serius.

Demikian dikatakan Pengurus PT. Anugerah Makmur Jaya, Drs. H. Mohammad Akmal kepada sentralberita.com disela-sela kesibukannya menjalankan roda produksi pabrik pengolahan kelapa sawit yang digelutinya pada Sabtu, (3/9/2022).

H. Akmal menyatakan, sesuai anjuran Direktur Utama dan Komisaris PT. Anugerah Makmur Jaya, sejak awal berdiri dan beroperasinya PT. Anugerah Makmur Jaya di Kota Tebing Tinggi, management PT. Anugerah Makmur Jaya berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang positif kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi, masyarakat sekitar dan terhadap ramah lingkungan.

Untuk itu, sebut Akmal, PT. Anugerah Makmur Jaya telah dilengkapi dengan perizinan yang ditekankan pemerintah, seperti adanya Nomor Induk Berusaha, Izin Usaha Industri (OSS), Surat Izin Usaha Perdagangan (OSS), SIMB, UKL-UPL, Terra jembatan timbang, retribusi air dan izin lainnya yang mendukung beroperasinya perusahaan PT. Anugerah Makmur Jaya.

Dengan keberadaanya ini, PT. Anugerah Makmur Jaya diharapkan mampu andil membangun perekonomian di Kota Tebing Tinggi khusus masyarakat sekitar karena telah mengurangi angka pengangguran usia produktif di dalam Kota Tebing Tinggi dan PT. Anugerah Makmur Jaya tetap berupaya melakukan perekrutan tenaga pekerja dari putra-putri di sekitar lokasi perusahaan. Dengan memfasilitasi BPJS Ketenagakerjaan serta diberikannya tunjangan berupa beras dan susu suplemen selain dari pada gaji pokok pekerja.

Tidak hanya itu, sambung Akmal, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan masyarakat sekitar, PT. Anugerah Makmur Jaya secara periodik memberikan bantuan kepada anak yatim-piatu dan sembako berupa beras dan minyak goreng kepada warga.

Yang sama pentingnya dan menjadi prioritas bagi perusahaan, PT. Anugerah Makmur Jaya melakukan penataan terhadap pengolahan limbah yang dihasilkan dari sisah produksi secara bertahap dan berkesinambungan guna menghasilkan buangan akhir limbah yang ramah terhadap lingkungan.

” Sebagian besar limbah yang dihasilkan dari sisah produksi dari hulu hingga ke hilir kita olah untuk dapat digunakan dan bermanfaat, tidak ada yang terbuang sia-sia karena hasil olahan limbah tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain sesuai peruntukannya,” terang Akmal sembari mengiringi media menunjukkan proses tahapan produksi hingga pengolahan limbah PT. Anugerah Makmur Jaya.

Di lokasi, sesuai pengamatan sentralberita.com tampak proses produksi pengolahan minyak sawit dari start awal berproduksi dikerjakan tenaga-tenaga pekerja yang dibekali dengan keahlian dibidangnya masing-masing sehingga proses pemproduksian berlangsung selaras dan berkesinambungan untuk menghasilkan produk minyak sawit berkualitas dan higienis.

Dari proses menghasilkan minyak sawit tersebut secara terpisah terlihat limbah sisah produksi berupa ampas sawit dan cairan buangan disalurkan melalui parit-parit yang tersedia, dialirkan menuju kolam-kolam berukuran besar yang dirancang khusus untuk proses permentasi air limbah dengan menggunakan bakteri pengurai sebagai tahapan pengolahan cairan limbah.

Instalasi pengolahan limbah (Ipal), PT. Anugerah Makmur Jaya menggunakan 7 kolam, dimana ke 7 kolam tersebut berfungsi berbeda sesuai peruntukannya sebagai proses tahapan-tahapan untuk menghasilkan limbah cair buangan akhir menjadi bersih, jernih serta ramah lingkungan. Dan itu terlihat dari kolam akhir sebagai proses buangan akhir menggunakan sepasang kincir air yang berputar secara terus-menerus yang berfungsi untuk menetralisir air.

” Untuk menunjang proses produksi dan pengolahan limbah secara berkala PKS PT. Anugerah Makmur Jaya tetap melakukan pengujian kualitas udara, pengujian kualitas tingkat kebauan (aroma), pengujian kualitas tingkat kebisingan, pengujian kualitas tingkat getaran, pengujian kualitas emisi boiler dan pengujian air limbah yang semuanya ini diuji oleh laboratorium yang telah terakreditasi oleh pemerintah,” pungkas H.M. Akmal.(SB/jontob)