Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes di Sumut Terkendala Ruangan Pendingin

sentralberita | Medan ~ Proses vaksinasi dosis ketiga kepada tenaga kesehatan di Sumatera Utara (Sumut) masih terkendal sejumlah faktor. Salah satunya, keterbatasan ruangan pendingin untuk penyimpanan vaksin Moderna di sejumlah kabupaten/kota. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan sebelumnya disuntikkan kepada tenaga kesehatan, vaksin Moderna tersebut harus disimpan di suhu minus 30 derajat Celsius. Sementara itu, sejumlah kabupaten/kota belum memiliki ruangan pendingin. 

“Vaksin Moderna perlu disimpan di ruang pendingin dengan suhu minus 30 derajat Celsius dan itu belum dimiliki sejumlah daerah di Sumut. Hal ini membuat vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan itu, sebagian masih tertunda,” ujar Aris Yudhariansyah, dikutip Kamis (12/8).

Saat ini, sejumlah pemerintah kabupaten/pemerintah kota sedang menyiapkan ruang pendingin untuk bisa menerima/mengambil vaksin tersebut. Saat ini fasilitas kesehatan vertikal, seperti RSUP Adam Malik sudah mengambil vaksin itu karena sudah memiliki ruang pendingin dengan standar Moderna.

“Baru enam kabupaten/kota di Sumut yang sudah mengambil vaksin itu,” katanya.

Akibat kendala ketidakadaan ruang pendingin itu pula, pencapaian vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan di Sumut masih rendah. Selain menyangkut ketiadaan ruang pendingin, kekurangan vaksin juga menjadi kendala program vaksinasi Covid-19 di Sumut.

Berdasarkan data, jumlah tenaga kesehatan di Sumut ada 79.000, sementara ketersediaan Vaksin Moderna ini masih 70.000.

“Pemprov Sumut sudah melaporkan kondisi kekurangan vaksin dengan harapan pemerintah pusat segera menambah ketersediaan vaksin untuk di Sumut,” ujar Aris.(in)