PON Aceh-Sumut Dideklarasikan Akhir Juli

sentralberita | Medan ~ Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) akan mendeklarasikan pelaksanaan PON XXI yang digelar di Aceh-Sumut 2024 mendatang di titik nol Sabang, Aceh akhir Juli mendatang. Sebagai langkah awal, KONI Pusat, Koni Aceh, KONI Sumut dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan membentuk sekretariat bersama. 



Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan pihaknya masih akan membentuk sekretariat gabungan dan menyusun regulasi terkait pelaksanaan PON Aceh-Sumut. Tuan rumah bersama dalam pelaksanaan PON baru pertama kali digelar. 



“Pekan lalu kami rapat  diminta membuat sekretariat untuk menyusun regulasi adanya PON di dua provinsi, karena ini baru pertama kali. Namanya masih dicari apakah nanti koordinator PB PON namanya atau seperti apa,” ujar John Ismadi Lubis, Kamis (8/7/2021). 



John mengklaim saat ini sudah mengantongi rancangan terkait regulasi pelaksaan PON XXI. Gelaran PON Aceh-Sumut rencananya akan dideklarasikan di titik nol Kota Sabang, Aceh akhir Juli nanti. 



“Nanti akan dihadiri Menpora dan Ketua KONI Pusat juga,” katanya.



John mengatakan Sumut saat ini masih terus mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Aceh-Sumut 2024 mendatang. Sejumlah atlet saat ini sudah mengikuti pelatihan daerah (pelatda). Sementara beberapa cabang olahraga lainnya masih akan menjalani seleksi daerah (selekda). (in)