Atasi Banjir, Dinas PUPR Lakukan Normalisasi Saluran Air

sentralberita | Asahan~Untuk mengantisipasi terjadinya banjir diwilayah Kabupaten Asahan khususnya daerah perkotaan yang kerap terjadi dimasa musim penghujan,Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan normalisasi saluran pembuangan air.

Normalisasi saluran pembuangan tersebut dilakukan dibeberapa titik saluran (parit induk) yang berhubungan langsung dengan beberapa Kelurahan yang berada di Kecamatan Kisaran Timur serta Kecamatan Kisaran Barat.

Seperti saluran pembungan didaerah Kebun Sei dadap yang merupakan Alur pembuangan air dari Kisaran Naga,lalu alur pembuangan Air di Seputaran Jalan Sutami yang berhubungan langsung dengan Kelurahan Sei Renggas dan Kelurahan Sidodadi.

Lalu alur pembuangan air di Parit Busuk Belakang Stadion Mutiara serta Alur Pembuangan Air di Kelurahan Karang Anyar.

 “Normalisasi yang dilakukan sejak kemarin oleh Dinas PUPR Kabupaten Asahan disejumlah parit yang menghubungkan saluran pembungan dari beberapa Kelurahan tersebut adalah guna mengantisipasi banjir disaat musim hujan”.Ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan  Rahmat Hidayat.

Lebih jauh Hidayat menjelaskan dalam pelaksanaan pekerjaan normalisasi salurah tersebut Dinas PUPR sudah menyiapkan satu unit alat berat ekskavator yang akan difungsikan untuk kegiatan normalisasi saluran air yang akan dikerjakan dibeberapa titik.

“Sesuai instruksi Bupati Asahan,normalisasi parit/kanal, akan menjadi prioritas di beberapa titik rawan genangan air, mengingat kondisi saluran air tersebut sudah sangat memprihatinkan, karena dipenuhi sampah-sampah  dan semak rerumputan.”Tegas Hidayat.

Selain melakukan normalisasi saluran pembuangan induk,untuk mengatasi dampak banjir yang selalu melanda inti Kota Kisaran disaat musim penghujan.

Menurut Hidayat,Bupati Asahan juga menghimbau kepada masyarajat melalui Kelurahan-kelurahan untuk menggiatkan gotong royong untuk membersihkan lingkungan dan saluran dreanase.

“Sesuai intruksi Bupati Asahan,saat ini di seluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Kecamatn Kota Kisaran Barat sudah digalakan gotong royong bersama masyarakat “Tutup Hidayat.(SB/ZA)