Pemprovsu Sudah Siapkan Tambahan Ruang Isolasi

sentralberita | Medan ~ Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Utara (Sumut) sedang menyiapkan ruang isolasi sebagai tambahan di rumah sakit dalam mengantisipasi lonjakan kasus orang yang terpapar Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, penanganan pandemi di kabupaten/kota se-Sumut masih terkendali.

Sementara ruang isolasi untuk pasien Covid-19 masih banyak yang kosong. “Ruang isolasi masih banyak yang dapat digunakan karena angka pasien sembuh setelah menjalani perawatan juga meningkat. Tidak jauh berbeda dengan penambahan kasus baru,” ujar Alwi, Selasa (19/1/2021).

Alwi menyebutkan, masih ada ratusan tempat tidur yang kosong dari sejumlah rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19. Namun pemerintah tidak menginginkan kekosongan ini untuk dapat terisi.

“Keterisian ruangan isolasi maupun bed di rumah sakit tergantung pada masyarakat. Jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan maka bakal menambah daftar baru pasien Covid-19,” katanya.

Alwi kembali mengingatkan masyarakat supaya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Protokol kesehatan ini penting dalam menekan penyebaran kasus itu.

“Tetap menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun di wadah mengalir, menjaga jarak dan tidak melakukan kerumunan. Dengan disiplin menerapkan ini semakin mempercepat penanganan pandemi,” sebutnya. (bs/ras)