Qurban Ikal SMPN 3 Medan, Jalin Siturrahmi Antara Junior & Senior

Sentralberita|Medan~Suasana pelaksanaan pemotongan hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ikal SMPN 3 Medan, mengalami penurunan peserta Qurban dibandingkan tahun lalu.

“Ada sekitar 50% mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Bahkan, saat mendekati Idul Adha. Banyak peserta yang mengundurkan diri,” kata Ketupat ( Ketua Panitia ) Qurban, Aten, di selah-selah pemotongan hewan, Minggu (2/8) di Mushalla Al Hikmah, Jl Jermal 15 Medan.

Menurut Aten, pihak panitia memaklumi. ” Karena adanya pandemi wabah Covid19 yang terjadi saat ini. Kami bisa memakluminya. Walau pun Qurban tahun ini dicicil setahun setelah Idul Adha tahun lalu. Jadi, bagi yang sudah mencicil. Tapi, batal berQurban. Uangnya dikembalikan.

Dan, Qurban Ikal SMPN 3 ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya ,” ujar Aten didampingi Irvan & Fuji.

Hewan Qurban seperti lembu yang awal nya ada 7 ekor. Tapi,” saat pemotongan hanya 3 ekor lembu & 1 ekor kambing saja yang bisa dipotong. Begitu pun syukur Alhamdulillah.

Respon peserta cukup baik cuma kondisi saja yang belum memungkinkan,” papar Aten didampingi Ketua Korwil Ikal SMPN 3 ZainalArifin, Khalida, Udi, Khairul & Fitri.

Para peserta Qurban diikuti oleh 22 orang. Satu lembu dibagi 7 bagian. Sedangkan 1 ekor kambing dibagi hanya untuk 1 orang.

Tujuan diadakan Qurban oleh Ikal SMPN 3 Medan ini untuk terus menjalin silahturrahmi antara junior dan senior. Setelah meninggalkan bangku sekolah biasanya kita tidak begitu tahu dimana keberadaan teman-teman kita.

Salah satu cara kita menghimpun teman-teman kita lagi bisa info dari teman ke teman dan sosmed.

” Syukur Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan positif ini bisa merajut kembali Silahturahmi yang terputus,” ungkap Aten di dampingi Fitri, Susi, Lusi, Arfah, Khalida, Phondenk & Junaidi.

Menurut Aten, pemotongan hewan Qurban Ikal SMPN 3 Medan bekerja sama dengan Kelompok Bina Tani Tanah Garapan Jl Jermal 15.

” Jadi di lokasi ini ada Mushalla dan aula. In Shaa Allah, dalam waktu dekat Mushalla ini akan menjadi Masjid,” turur Aten didampingi Debi Armansyah, Reyhan, Dodi, Chandra & Bangun.

Hewan Qurban dibagi bagi untuk warga sekitar tanah garapan terutama yang terdampak virus corona, guru-guru SMPN 3 Medan, setiap Alumni angkatan mulai dari angkatan tahun 66′ hingga tahun 91′.

Bagi petugas pemotongan hewan Qurban juga ditangani oleh Alumni yang diketuai Ketua Rotal Islam SMPN 3 *Junaidi yang bekerjasama dengan Masjid Taqwa Jl Puri & warga binaan tanah garapan Jl Jermal 15.

Untuk ke depan nya, pria yang masih lajang ini, berharap akan banyak peserta dari Alumni yang ikut Qurban lagi.(Safinaz Arifin)