61,5 Ribu Ton Beras Bulog Siap Penuhi Kebutuhan Sumut

Sentralberita|Medan~61 ribu 500 ton beras badan usaha logistik  atau bulog siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumatera Utara pada bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri tahun 2019.

Bulog divre 1 Sumatera Utara memastikan stok kebutuhan pokok seperti gula juga aman sampai lebaran Idul Fitri, Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Utara, Basirun .

Menjelang bulan puasa ramadhan tahun 2019, kebutuhan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng menjadi komoditas yang kerap mengalami perubahan harga yang melonjak,  akibat stok yang kurang di pasaran.

Pasokan yang kurang ke distributor hingga pedagang di pasar tradisional membuat harga tinggi dari komoditas tersebut menjadi kendala dalam menyambut bulan puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri di sejumlah wilayah Indonesia.

Namun kondisi ini tidak terjadi di wilayah Sumatera Utara, sebanyak 61 ribu 500 ton beras telah tersedia di sejumlah gudang penyimpanan bulog divre sumatera utara/ seperti gudang penyimpanan Jalan Mustafa Medan.

Puluhan ribu ton karung beras siap memenuhi kebutuhan pada bulan Ramadhan hingga lebaran idul fitri pada awal bulan Juni 2019. Beras yang dijual delapan ribu enam ratus (8.600) rupiah perkilogram ini mampu memenuhi kebutuhan atau konsumsi beras masyarakat sumatera utara.

Selain beras, stok gula sebanyak 6 ribu ton juga sudah tersedia di sejumlah gudang bulog. Dari jumlah 6 ribu ton ini, sebanyak 2 ribu ton dipasok dari daerah jawa timur dan sudah diedarkan ke sejumlah distributor yang ada di wilayah Sumatera Utara.

Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Utara, Basirun mengatakan, kemarin, “kita untuk pengelolaan komoditi beras, karena ini yang paling utama dibutuhkan masyarakat, untuk Bulog sendiri sekarang stok bulog sudah cukup aman, yaitu dalam posisi 61 ribu 500 ton yang tersebar diseluruh gudang di wilayah Sumatera Utara, dan untuk kebutuhan sampai dengan lebaran itu insya Allah sudah tercukupi untuk komoditas beras. nah kemudian untuk komoditas lain, yang kita lakukan juga secara komersial, itu untuk gula, kita saat ini memiliki sekitar 4 ribu ton, kemudian yang sudah masuk ke sumatera utara yang dikirim dari jawa timur itu sebanyak 2 ribu ton, yang seribu kita sudah sebar ke seluruh wilayah sedangk seribu lagi sudah kita sebar ke distributor,”ujarnya.

Sementara itu/ pada awal ramadhan bulog divre Sumatera Utara berencana akan menggelar pasar sembako murah di sejumlah wilayah/ yang diharapkan akan membantu masyarakat dalam menyambut bualan puasa Ramadhan. (SB/AR).