ERAMAS: Selamat Hari Lembaga Sosial Desa

Sentralberita|Medan~Lembaga Sosial Desa menjadi ujung tombak meningkatkan rasa peduli sosial di pedesaan. Maka diperlukan perhatian konkret terhadap desa-desa yang ada di Sumatera Utara.

Demikian disampaikan Cagub Sumut nomor urut 1, H Edy Rahmayadi kepada wartawan, Sabtu (5/5/2018) di Medan.

Didampingi Musa Rajekshah yang menjadi wakilnya, Edy Rahmayadi mengatakan hal itu dalam momentum Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) yang diperingati setiap 5 Mei.

“Selamat Hari Lembaga Sosial Desa. Ini adalah momentum untuk meningkatkan rasa peduli sosial bagi para penggerak dan pegiat kemajuan bagi masyarakat desa khususnya di Sumatera Utara,” kata Edy.

Dikatakan Edy, Hari LSD harus dijadikan momentum penting bagi masyarakat Sumut agar bermartabat.

“Banyak yang ngaku-ngaku mau membangun dari desa. Tapi Hari LSD tak pernah dijadikan momen penting. Padahal LSD ini ujung tombak pembangunan desa. Ke depan, ERAMAS akan menjadikan Hari LSD ini sebagai salahsatu momen terpenting dalam tata kelola pemerintahan yang baik dan bermartabat,” tegas Edy.

Menurutnya, LSD sangat penting dalam meningkatkan rasa aman dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat sehingga dapat menciptakan kehidupan yang harmonis.

Dan yang tidak kalah pentingnya momentum Hari LSD ini juga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

“Lembaga Sosial Desa itu kan contohnya Lembaga Musyawarah Desa (LMD), LKMD atau KUD. Lembaga ini kalau tata kelolanya kita perkuat tentu menjadi langkah konkret memajukan desa dan tentunya menjadikan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Edy.

Namun Edy menggarisbawahi, Lembaga Sosial Desa ini tidak dapat terlaksana tanpa Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“BPD inilah yang berfungsi untuk menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung, dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Aspirasi masyarakat inilah yang dapat menjalankan lembaga sosial dalam desa,” kata Edy.

Lalu, apa langkah konkret yang sudah dilakukan ERAMAS dalam membangun desa?

Desa Jambur Ijuk, namanya. Terletak di Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang.

Desa ini contoh konkret buah pikir dan tangan dingin dari Musa Rajekshah. Di tangan Musa, menyatukan dan membangkitan tiga desa yang nyaris punah tersebut.

Sofi Sembiring, mewakili tokoh masyarakat Jambur Ijuk, mengatakan dahulu cuma sebanyak 70 KK ada di kampung tersebut.

Kemudian ada desa namanya Kampung Dalam yang berada di depan Desa Jambur Ijuk. Lalu ada Desa Beras Bulan.

“Nah, dari tiga desa di kampung tersebut, satu desa nyaris punah. Setelah Pak Ijeck (sapaan akrab Musa Rajekshah) masuk sejak 2010 silam, Desa Jambur Ijuk kembali bergairah dan hidup lagi. Tiga desa sekaligus,” katanya.

Sekitar 10 tahun silam, diakuinya Desa Jambur Ijuk masih seperti hutan. Jauh tertinggal dari desa dan kecamatan lain di wilayah itu. Tapi sekarang sudah ada akses jalan, sarana ibadah dan pendidikan. (SB/Husni L)

 

2 thoughts on “ERAMAS: Selamat Hari Lembaga Sosial Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *