Bahar Adexinal Ketua: IKF Wadah Kritik Memajukan Perfilman

foto bersama pengurus, tengah baju putih Baharuddin Syahputra (f-SB/husni l)

Sentralberita| Medan~ |Rapat pembentukan susunan kepengurusan Insan Kritikus Film (IKF) Sumatera Utara periode 2017-2020 yang dilaksanakan di Taman Budaya Medan, Selasa (12/09/2019) menghasilkan kepengurusan IKF Sumut yang siap mengembangkan insan kritikus film di Indonesia khususnya di Sumut dalam memajukan filman.

Ketua Umum IKF Sumut yang terpilih Baharudin Sahputra yang dikenal dengan nama Bahar Adexinal mengatakan, terimakasih kepada para anggota yang mempercayai kepengurusan IKF Sumut di mana kepercayaan menjadi PR besar dalam memajukan insan kritikus di Sumut.

“Kita siap menjadi wadah yang bersinergi dengan insan perfilman dalan memajukan dunia perfilman di Indonesia. Semoga IKF Sumut dapat menampung segala aspirasi dan kritikan masyarakat dalam bentuk artikel sehingga nantinya kritikus sebagai jembatan antara insan film dan masyarakat kedepannya,” jelasnya.

Dia menjelaskan IKF Sumut dalam program 100 harinya akan cepat bergerak untuk mengejar ketertinggalan selama ini. Sumut sebenarnya banyak memiliki potensi yang belum tergarap saat ini jadi dengan terbentuknya IKF Sumut akan menjadi sebuah wadah yang mampu diharapkan melahirkan kritikus-kritikus andal dan dapat diperhitungkan dalam tingkat nasional serta menjadi corong bagi kritikus di Sumut dalam memajukan perfilman lokal dan nasional.

“Para anggota IKF Sumut terdiri wartawan, komunitas film, akademisi dan penulis yang tergabung menjadi satu kesatuan yang utuh dalam membangun wadah ini menjadi sebuah wadah yang memang diperhitungan dan bermanfaat bagi negara juga masyarakat,” tegasnya.

Sementara, Dokter Daniel Irawan sebagai Dewan Pembina IKF Sumut mengatakan terbentuk kepengurusan IKF Sumut menunjukkan bahwa insan kritikus bakal hidup di Sumut dalam rangka memajukan perfilman terutama di Sumut dan khususnya Indonesia.

“Menang diakui bahwa insan kritikus lokal saat ini masih minim sehingga dibutuhkan seorang penulis-penulis yang handal untuk menjadi seorang kritikus film. Saya sangat mendukung terbentuknya IKF Sumut semoga organisasi ini nantinya banyak melahirkan kritikus-kritikus film di Sumatera Utara,” paparnya.

Hal senada dikatakan, Idris Pasaribu sebagai Dewan Penasehat IKF Sumut menegaskan wadah ini harus memiliki fundamental yang harus dimiliki anggotanya yaitu mengkritik film Indonesia dalam bentuk tulisan dan dipublis di media massa sehingga pesan yang disampaikan dapat menjadi barometer perfilman kita kedepannya.

“Kedepannya nanti setiap anggota akan diberikan pelatihan agar para anggota IKF Sumut tulisannya memiliki nilai jual.

Hal ini jadi sebuah dilema jika keberadaan IKF hanya sebatas sebuah organisasi semata tapi karya-karyanya berupa tulisan tersebut tidak ada.

Ingat! Kita adalah perkumpulan kritikus jadi diwajibkan dan luangkan waktu untuk menulis agar wadah ini dapat berjalan seperti yang diharapkan bangsa ini,” tegasnya.(SB/husni l)

One thought on “Bahar Adexinal Ketua: IKF Wadah Kritik Memajukan Perfilman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *