125.045 Pendaftar PPDB Online Sumut, Bandwith Ditingkatkan 400 MBps

Sentralberita| Medan~Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri secara online di Sumatera Utara progresnya semakin signifikan ditandai akses masuk sistem semakin lancar sehingga jumlah pendaftar kian banyak.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut DR H Arsyad Lubis dan Kadis Kominfo Sumut Drs H Mhd Fitriyus SH MSP didampingi Kepala Biro Humas Pemprovsu Ilyas S Sitorus mengemukakan hal itu di Kantor Gubsu, Sabtu (17/6) malam menjawab wartawan sekembali Safari Ramadhan bersama Wagubsu di Kabupaten Batubara.

Hingga Sabtu (17/6) malam, jumlah siswa yang sudah mendaftar untuk melanjutkan studi di SMA dan SMK negeri di Sumut tercatat 125.045 orang. Jumlah itu diprediksi sudah lebih banyak hari ini.

Signifikannya progres pelaksanaan PPDB SMA dan SMK negeri secara online ini tergambar dari peningkatan jumlah pelamar yang sudah akses. Artinya, server sudah semakin baik dengan bandwich yang kapasitasnya lebih dari cukup.

Gambaran jumlah pelamar yakni pada hari pertama sejak dibuka pendaftaran secara online ini berjumlah sekira 11.000 siswa, hari kedua sekira 25.000 siswa, hari ketiga sekira 45.000 siswa, hari ke empat berjumlah 80.784 siswa, hari ke lima sebanyak 111.690 siswa dan hari ke enam berjumlah 125.045 siswa.

Semakin signifikannya pelaksanaan PPDB online ini menurut Arsyad maupun Fitriyus merupakan implikasi dari adanya langkah-langkah yang telah dilakukan dalam perbaikan dan optimalisasi sistem antara lain pembagian zona waktu hak akses.

Hal lainnya juga dilakukan replikasi database PPDB online dan pengaaturan real time hasil seleksi sementara berdurasi 4 jam yang hasilnya semakin memperlancar akses ke sisten PPDB ini.

Upaya signifikan lainnya kata Fitriyus yakni penambahan kapasitas server oleh Dinas Kominfo Sumut yang berdampak semakin cepat, lancar, akurat dan hak akses pelamar yang semakin optimal.

Oleh sebab itu Arsyad maupun Fitriyus dan Ilyas Sitorus mengimbau masyarakat tetap optimis dan saling memberi motivasi agar yang dilakukan secara bersama ini sukses, berhasil secara cerdas membuat sistem penerimaan siswa di Sumut semakin berkaulitas dan objektif.

Fitriyus menjelaskan Diskominfo¬† Sumut telah meningkatkan kapasitas server dengan menyiapkan Bandwith internet dengan kapasitas 400 Mpbs. “Dari hasil monitoring dan evaluasi, bandwith yg terpakai hanya sekira 20 persen. Dengan demikian, masih banyak sisa Bandwith yaitu sekira 350 -370 Mbps lagi. Artinya Bandwith yang sudah disiapkan lebih dari cukup,” jelasnya.

Tentang kondisi pada awal pendaftaran pelaksanaan PPDB  online pada Senin (12/06), server Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mengalami full resource (penuh:red). Hal itu disebabkan banyaknya akses pengguna pada waktu bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.