Depalindo Pusat Tuan Rumah Even Internasional GSA dan ASA, Hendrik: Kinerja Logistik dan Ekonomi Global akan Dibahas

Hendrik H Sitompul

Masalah peningkatan kinerja logistik asia dan pertumbuhan ekonomi global akan menjadi topik pembahasan pada pagelaran even internasional Global Shippers’s Alliance (GSA) dan Asia Shippers’s Aliance (ASA). Even pertemuan internasional eksportir dan para asosiasi pengusaha tingkat dunia dan asia berlangsung 3 Maret 2017 mendatang di Indonesia Convention dan Ekshibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPD Dewan Pengguna Jasa Pelabuhan Indonesia (Depalindo) Sumut Hendrik H Sitompul kepada wartawan, Senin (1/3). Dikatakan, penyelenggara even internasional yang digelar setiap tahunnya, kali ini Dewan Pemakai Jasa Angkutan Indonesia (Depalindo) Pusat selaku binaan Kementrian Perdagangan RI Depalindo Indonesia dipercaya selaku tuan rumah.

Menurut Hendrik, adapun alasan isu yang diangkat karena peranan Indonesia dalam kancah perdagangan asia dan global khsususnya dalam prospek peluang serta mampu mengatasi kendala-kendala disektor logistik.

Sedangkan di tingkat global, Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut G20. Dimana kelompok G20 ini menguasai hampir 90% total produk nasional bruto, 80% total perdagangan dunia dan duapertiga  total populasi penduduk dunia. Bahkan ekonomi Indonesia mempunyai kemampuan akselerasi pertumbuhan positif  disaat sebagian negara besar mengalami pertumbuhan negative.

Dari sisi kebangkitan perekonomian, Hendrik membahas soal perlunya meningkatkan kinerja logistik di Asia. “Isu peningkatan kinerja logistik akan kita suarakan dalam forum pertemuan itu. Agar para stakeholder dapat memahami perlunya kekuatan ekonomi disektor logistik dikuatkan,” terangnya.

Drs Hendrik H Sitompul MM yang juga Alumni PPRA 52 Lemhannas RI mengatakan, pembahasan dalam sistem logistik di Indonesia sangatlah kompleks. Untuk itu, pengembangan sistem logistik nasional dapat dibuat dengan membangun konektivitas atau keterhubungan pusat-pusat ekonomi antar koridur.

“Berbagai faktor seperti keragaman komoditas, luas wilayah, kondisi geografis dan kondisi infrastruktur. Banyak pihak terkait dalam sistem logistik nasional itu. Berangkat dari perspektif tersebut, untuk mendukung upaya meningkatnya efektifitas serta menekan biaya tinggi di sektor logistik, maka Depalindo memandang perlu dilakukannya diskusi panel dengan tema Meningkatkan Kinerja Logistik Asia untuk Pertumbuhan Ekonomi Global,” ucap pria yang juga  Anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Demokrat itu.

Ditambahkan, dalam acara nanti, sambung Hendrik, beberapa negara-negara tetangga menghadiri kegiatan tersebut. Sekitar 17 negara akan hadir dalam pertemuan tahunan itu. Panitia juga secara khusus mengundang Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita sebagai Keynote Speaker sekaligus membuka kegiatan tersebut.  (SB/01)

4 thoughts on “Depalindo Pusat Tuan Rumah Even Internasional GSA dan ASA, Hendrik: Kinerja Logistik dan Ekonomi Global akan Dibahas

  • Januari 16, 2024 pada 8:17 pm
    Permalink

    39972 79429My California Weight Loss diet invariably is an cost effective and versatile staying on your diet tv show created for individuals who locate themselves planning to drop extra pounds and furthermore ultimately keep a considerably healthier habits. la weight loss 39432

  • Januari 25, 2024 pada 7:16 pm
    Permalink

    390196 273579Hey, you used to write great, but the last couple of posts have been kinda boringK I miss your great writings. Past couple of posts are just a bit out of track! come on! 320231

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *