Pemkab Sergai Atasi Kemiskinan Melalui Inovasi dan Program Efisiensi

Sentralberita| Sergai~ Wabup Darma Wijaya mentakan,  untuk mengatasi masalah kemiskinan, Pemkab Sergai semakin serius dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.

Dengan membuat inovasi dan lompatan-lompatan dalam pelaksanaan program yang efesien dan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ujar Wabup Sergai saat membuka  membuka Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) tahun 2017 di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (18/1).

 Wabup Darma Wijaya berharap dengan adanya TKPK Kecamatan dan Desa setidaknya ada tempat mengadu bagi masyarakat untuk program penanggulangan kemiskinan. Menurut data Pemuktakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) yang kita peroleh dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) terdapat 34.960 rumah tangga sasaran yang berhak memperoleh subsidi listrik, 224 rumah tangga sasaran yang menggunakan listrik diluar PLN dan 877 rumah tangga sasaran yang belum teraliri listrik.

Oleh karenanya Wabup Darma Wijaya memaparkan bahwa Sergai telah memiliki SPKD yang telah disusun pada tahun 2015. Terdapat enam strategi yang harus dicermati yaitu, pertama meningkatkan aksesibilitas, kualitas dan kapasitas pendidikan, kesehatan dan penunjang kesejahteraan lainnya. Kedua, meningkatkan kemampuan pengelolaan perekonomian dan menggerakkan sentra-sentra ekonomi kerakyatan/UMKM sesuai dengan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat miskin.

Kemudian yang ketiga, meningkatkan kemampuan dan daya saing SDM dalam kesempatan bekerja dan berusaha, keempat meningkatkan ketersediaan dan pelaksanaan regulasi yang berpihak kepada masyarakat miskin. Kelima, meningkatkan pengarusutamaan gender dan partisipasi masyarakat miskin dalam pembangunan dan terakhir, keenam meningkatkan ketersediaan dan transparansi data, papar Wabup Darma Wijaya.(SB/jontob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.