RSUD FL Tobing Sibolga berubah Menjadi PPK BLUD

Sibolga, (Sentralberita)- Mulai Januari 2016 mendatang, pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ferdinand Lumbantobing Sibolga, berubah menjadi Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit menjadi lebih baik.

Direktur RSU FL Tobing, dr Masrip Sarumpaet, berharap dukungan semua stakeholder terkait rumah sakit, terutama DPRD Sibolga. “PPK-BLUD adalah solusi untuk memperbaiki sistim pelayanan rumah sakit,” kata Masrip Sarumpaet, pada acara penerapan PPK-BLUD RSU FL Tobing Sibolga, Jumat (4/12) di Aula Kantor Walikota Sibolga.

Acara dibuka Pj Walikota Sibolga, Aspan Sofian Batubara diwakili Asisten III, Joshua Hutapea. Hadir sebagai narasumber, Bejo Mulyono, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yang juga Pengurus Pusat Arsada Departemen Pengembangan BLUD.

Bejo Mulyono memaparkan, begitu PPK-BLUD RSU FL Tobing diterapkan mulai Januari 2016 mendatang, maka sistim pengelolaan keuangannya sudah dapat dilaksanakan secara mandiri.

“Dalam operasionalnya, PPK-BLUD RSU FL Tobing menggunakan regulasi khusus, cukup dengan Keputusan Kepala Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, sehingga bisa mengelola keuangannya secara mandiri,” kata Bejo.

Bahkan, dengan regulasi khusus tersebut, PPK-BLUD boleh melakukan pengadaan barang dan jasa tanpa harus mengacu pada regulasi pemerintah tentang pengadaan barang dan jasa. PPK-BLUD juga bebas melakukan perikatan dengan pihak ketiga dalam bentuk utang untuk membiayai investasi atau hanya sekadar menutupi belanja barang dan jasanya.

PPK-BLUD RSU FL Tobing Sibolga dapat menggunakan pendapatan fungsional sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Juga boleh menggunakan pendapatan untuk membelanjai pengeluaran yang bahkan tidak terdapat dalam anggaran.

“Karena PPK-BLUD RSU FL Tobing tidak lagi menggunakan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD), tetapi sudah menggunakan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA),” kata Bejo.

Wakil Ketua DPRD Sibolga, Hendra Sahputra mengapresiasi dan mendukung penuh rencana perubahan pola manajemen Rumah Sakit Umum FL Tobing menjadi PPK-BLUD.

“Apapun keperluan PPK-BLUD RSU FL Tobing ini ke depan, kita siap mendukung melalui DPRD Sibolga, terlebih hal ini menyangkut kepentingan rakyat banyak,” katanya.

Sementara itu, staf rumah sakit, Tigor Panuturi Tambunan menambahkan, untuk peningkatan kualitas layanan RSU FL Tobing Sibolga menjadi PPK-BLUD, belum lama ini pihak rumah sakit juga menggelar pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) bagi tenaga keperawatan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Anestesia dan Terapi Intensif (PERDATIN) cabang Sumatera Utara (Sumut),.

.(SB/01/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.