Pemprovasu MoU KKBPK: Peserta KB Nasih Lambat

Gubsu KBMedan, Sentralberita)-Plt Gubsu H T Erry Nuradi dan Kepala BKKBN RI Dr Surya Chandra Surapaty menandatangani kesepakan bersama (MoU) tentang Penguatan Pengelolaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tahun 2016 di Provinsi Sumatera Utara.
Penandatanganan MoU dilaksanakan pada Senin (18/1) sekaligus serah terima jabatan Kepala Perwakilan BKKBN Provsu dari Drg Widiwiono, M.Kes kepada Drs Temazaro Zega, M.Kes dan sosialisasi Pemetaan Kelembagaan dan Penyerahan Personel, Peralatan, Pembiayaan dan Dokumentasi (P3D) pengelola program KKBPK tahun 2016. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (DIsduk Catpil) Kabupaten/kota se Sumatera Utara.
Plt Gubu dalam kesempatan itu menyambut baik pelaksanaan penandataganan MoU sebagai bentuk komitmen bersama untuk memberhasilkan pelaksanaan program KKBPK di Provisi Sumut..
Sementara itu Kepala BKKBN Provsu Zega mengungkapkan kendala masih lambatnya capaian persen cakupan peserta Keluarga Berencana (KB) CPR . Meskipun pertambahan jumlah peserta KB baru sangat besar rata-rata 6,8 juta/ tahun, tetapi tidak mampu meningkatkan jumlah CPR ( Contraceptive Prevalence Rate, atau Angka Prevalensi Pemakaian Kontrasepsi) secara signifikan.
Hal ini disebabkan tingginya ketidak berlangungan peserta ber KB yang mencapai 27-1% dan masih dominannya peserta KB non MKJP (Metode KB Jangka Panjang) terutama suntik yang mencapai 53,8% dan pil 22%. Sampai saat ini penggunaan MKPJ masih rendah yang hanya mencapai 18,5% dari target 27,5%. (SB/01)

Comments