Walikota Tutup Porkot Medan 2024, Medan Deli Juara Umum, Ketua KONI: Lahirkan Bibit-Bibit Atlet Baru Kota Medan

sentralberita|Medan~Walikota Medan Bobby Afif Nasution diwakili Kadispora Medan Dammikrot Harahap menutup secara resmi Porkot XIV Medan tahun 2024, Sabtu (22/6/2024) di Lapangan Balai Desa, Jalan Beringin 2 Medan Helvetia. Ketua KONI Medan, Dr Eddy H Sibarani,M.Si mengumumkan Kecamatan Medan Deli berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali 26 emas, 23 perak, dan 19 perunggu.

Medan Amplas yang selama ini menjadi juara umum, harus puas berada di posisi kedua dengan perolehan 23 emas, 21 perak dan 30 perunggu. Sedangkan
diosisi ketiga ditempati Medan Helvetia dengan 16 emas, 21 perak, dan 33 perunggu. Medan Marelan di posisi keempat dengan 14 emas, 12 perak, dan 23 perunggu. Medan Labuhan di posisi kelima dengan 13 emas, 17 perak, dan 19 perunggu.

Raihan medali emas Medan Deli tersebut berasal dari arung jeram (1), bola voli (1), gulat (5), judo (3), menembak (3), pencak silat (3), sepak takraw (1), softball (1), taekwondo (4), tenis meja (3), dan tinju (1). Kepada para juara I, II dan III menerima hadiah seusai menampilan atraksi atlet. Penutupan yang diwarnai lucky draw juga mewarnai meriahnya menutupan.

Baca Juga :  Pelatda PON 2024, Arung Jeram Butuh Peralatan

Turut dihadiri jajaran Forkopimda, , Ketua Panpel Porkot Medan 2024, Dr dr Hj Liliana Puspa Sari MKes, dalam sambutannya ketua KONI Medan, Drs Eddy H Sibarani menyampaikan, Porkot ke XIV Medan tahun 2024 diikuti 3. 32 atlet dengan mempertandingkan 23 cabang olahraga yang diikuti 21 Kontingen dari 21 Kecamatan di Kota Medan.

Seluruh rangkaian pertandingan yang terjadi di lapangan, kata Eddy H Sibarani, terdapat persaingan yang cukup ketat antara atlet-atlet senior dan atlet terbaru, sehingga akan dapat melahirkan bibit-bibit atlet terbaru yang nantinya berpelung mengikuti event-event besar mewakili kota Medan di tingkat nasional bahkan internasional.

Dari rangkaian pertandingan tersebut, ada 225 nomor lomba dengan mempertandingkan 1104 nomor dimana pendistribusian medali dari 21 Kecamatan cukup merata, artinya tidak ada lagi Kecamatan yang sangat dominan maupun yang minim.

“Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pemerintah kota Medan yang terus mendukung kegiatan-kegiatan pembinaan olahraga, begitu juga seluruh camat yang ada di kota Medan, terkhusus Kecamatan Helvetia yang mendampingi untuk mensukseskan seluruh pertandingam cabang olahraga pada Porkot ini,”ujarnya serya menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dan pada masa-masa diharapkan terlaksana lebih baik.

Baca Juga :  Labuhanbatu Raih Anugerah KIP 2023, Fadly: Akan Jadi Motivasi Bagi Pemkab Labuhanbatu

Sementara Dammikrot menyampaikan mohon maaf Bobby Nasution tidak bisa hadir karena ada tugas-tugas di luar kota. Pelaksaan Porkot katanya sudah berjalan lancar dan sukses dan sudah mencapai target. Bahkan sudah mendapatkan atlet atau bibit-bibit baru yang harus dibina ke depan untuk mengikuti pertandingan-pertandingan yang lebih tinggi.

Walikota Medan Bobby Nasution, katanya, telah mencita-citakan menjadikan kota ini menjadi kota atlet, terbukti padan PON XXI 70% atlet yang berasal dari kota Medan untuk mewakili Sumatera Utara.

Atas nama Pak Wali Kota Medan menyampaikan terimakasih kepada KONI Medan dan berpesan kepada atlet berjuanglah terus, karena jalur olahraga ini adalah jalur masa depan yang sangat gemilang di masa-masa yang akan datang. Pemerintah kota Medan sangat memperhatikan duta atlet olahraga dari kota Medan.

(SB/01)