Satkom PWI Sumut Dilantik

sentralberita | Bukitlawang ~ Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Pusat, Hendri CH.Bangun didampingi Ketua PWI Sumut H.Farianda Putra Sinik,SE, melantik Kepengurusan Satuan Komunikasi (SATKOM) PWI Sumatera Utara, periode 2024-2027 disela acara Family Gethering PWI Sumut, diareal kawasan Alam Indah Bukitlawang, Kabupaten Langkat, pada Sabtu (01/06/2024) siang.

Pada pelantikan yang digelar dihadapan ratusan anggota PWI Sumatera Utara itu, Hendri CH.Bangun antara lain berharap, agar para pengurus SATKOM PWI Sumut yang dilantik, dapat menjalankan kewajibannya sebagai bagian dari PWI Sumut. Hendri CH.Bangun juga meminta para pengurus SATKOM dapat segera bekerja dengan penuh tanggungjawab.

“Usai pelantikan ini kita berharap para pengurus dapat bekerja sesuai tujuan dibentuknya SATKOM PWI Sumut,” pinta Ketum PWI Pusat itu.

Ketua Umum PWI Pusat itu, mengingatkan agar pengurus SATKOM PWI Sumut melaksanakan kegiatan sebagaimana fungsinya, yakni membantu komunikasi dalam berbagai situasi dan kesempatan, termasuk disaat terjadinya bencana. “Pengurus dan anggota Satkom PWI Sumut, harus mampu mengambil bagian ketika terjadinya bencana,diminta atau tidak diminta” ungkap mantan wartawan Olahraga Hr.Kompas itu.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah Ketua PWI Sumatera Utara, H.Farianda Putra Sinik mengungungkapkan, bahwa tugas pengurus Satuan Komunikasi (Satkon) PWI Sumut antara lain adalah mengelola dan menatalaksanakan operasional sarana dan prasarana Satkom yang telah tersedia, sehingga dapat bermanfaat serta berdayaguna bagi aktifitas organisasi PWI Sumut, maupun dengan mitra kerja.

Selanjutnya dikatakan oleh Pemimpin Redaksi Harian Medan Pos itu, bahwa pengurus Satkom PWI Sumut berkewajiban memberikan laporan pertanggungjawaban per tahun secara tertulis kepada pengurus PWI Sumut untuk dilakukan evaluasi atas kinerja kepengurusan.

Sedangkan Ariadi selaku yang dipercayakan sebagai Ketua SATKOM PWI Sumut menyebutkan, bahwa dengan dilantiknya kepengurusan SATKOM PWI Sumut ini, merupakan tanggungjawab besar dan berat guna melaksanakan amanah yang diberikan pengurus PWI Sumut.

Sebab menurut Ariadi, dengan pelantikan tersebut memaksa para pengurus untuk bekerja memajukan SATKOM PWI Sumut. Langkah awal yang harus dilaksanakan antara lain melaksanakan peraturan pemerintah, yakni segera mengurus izin keberadaan SATKOM PWI Sumut ke SDPPI Balai Monitor Medan. “Kita tidak ingin keberadaan SATKOM PWI Sumut ini liar tanpa ada izin seperti yang lalu-lalu. Untuk itu itu kami harus segera mengurus izin dimaksud” ungkap Ariadi, Sekretaris Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Sumut, Dua periode itu.

Selain itu, kepengurusan yang ada sekarang ini, juga harus segera menyiapkan dan memperbaiki keberadaan Repeater (Pemancar Ulang) yang saat ini dalam keadaan rusak dan peralatannya diambil oleh tehknisi pengurus yang lama. “Jadi untuk sementara kita akan pergunakan Android untuk berkomunikasi. Dengan sistim ini jangkauannya akan lebih jauh,” tegas ariadi.

Setelah dilantik, kepengurusan SATKOM PWI Sumut juga akan segera menyurati Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara dan BPBD Kota Medan, termasuk SAR dengan tujuan agar keberadaan SATKOM PWI Sumut terdaftar di tiga instansi tersebut. “Kita berharap SATKOM PWI Sumut sebagai organisasi yang legal bisa ikut dilibatkan dalam kegiatan kegiatan kamanusian, seperti terjadinya mencana dan even lainnya,” kata Ariadi lagi.

Berikut susunan pengurus SATKOM PWI Sumut periode 2024-2027 : Ketua : Ariadi, Wakil Ketua : Ahmad Rivai Parinduri SAg, Sekretaris : Isvan Wahyudi, SH, Bendahara : Ariayansah Lubis, Bidang Oraganisasi dan Keanggotaan : Amrizal SH,M.Hum, Bid.Tehnik/ITE : Surapati, Fitmen Panjaitan, Bid.Humas : Adi Siswoyo Was(01/red)