Ajibata Wakili Toba Lomba IVA Test Tingkat Propinsi

sentralberita|Toba ~ Kecamatan Ajibata meraih juara I lomba IVA test tingkat Kabupaten Toba tahun 2023. Saat ini, Kecamatan yang dikomandoi oleh Alek Wajon Sirait itu mewakili Kabupaten Toba diajang lomba PKK tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori IVA test pada Tahun 2024.

Gebyar IVA Test Kecamatan Ajibata dibuka oleh Camat Ajibata, Alek Wajon Sirait pada Selasa (21/05/2024) yang dilaksanakan di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Sibisa, Kecamatan Ajibata. Inspeksi Visual Asetat (IVA) test merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.
Dalam pemaparannya, dr. Melvin Napitupulu saat sosialisasi IVA test menyatakan bahwa pelaksanaan IVA test tersebut merupakan bentuk nyata pemerintah Kabupaten Toba untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, khususnya para wanita berusia 30-50 tahun yang sudah atau pernah menikah, agar bebas dari kanker serviks dan kanker payudara, jika terdapat warga yang mengidap kanker usai menjalani IVA test, akan dilakukan upaya penanggulangan dan penanganan terhadap para pasien yang terdeteksi.

IVA test juga merupakan cara mudah, murah dan cepat dalam mendeteksi secara dini kanker serviks karena hasilnya langsung bisa diketahui.

“Ini sangat mudah dan murah. Hasilnya cepat dan langsung bisa diketahui,” kata dr. Melvin Napitupulu menjelaskan soal cara kerja IVA test.

Gebyar IVA test merupakan salah satu inovasi yang dibuat TP. PKK Kecamatan Ajibata untuk menuntaskan target 100% deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim. Berdasarkan laporan Kapus Ajibata, dr. Siti Sumarni Sianturi,
saat ini jumlah warga yang telah menjalani IVA test sebanyak 1.093 dari jumlah yang ditargetkan sebanyak 1.127 orang atau 96,98%.

Adapun sejumlah kegiatan yang ada dalam gebyar IVA test antara lain memberikan pelayanan IVA test, penyuluhan IVA test, lomba jingle/yelyel IVA test dengan harapan bisa menuntaskan target 100%. Tahun 2023 lalu, Kabupaten Toba diwakili Kecamatan Silaen memperoleh peringkat Juara Harapan IV di Tingkat Propinsi Sumatera Utara. Tahun ini, Kecamatan Ajibata diharapkan mampu meraih peringkat lebih baik.

Turut hadir dalam Gebyar IVA test, Sekretaris Dinas Kominfo Toba Moses Simanjuntak, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Dinas Kesehatan Toba Mangapul Pardede,
perwakilan BODT, Gudmen Manurung, Pokja IV TP. PKK Kabupaten Toba, TP. PKK Kecamatan Ajibata, TP. PKK Desa se-Kecamatan Ajibata, Kepala Sekolah SMP dan SMA Kecamatan Ajibata, Kepala Desa se-Kecamatan Ajibata dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Ajibata, para bidan desa se-Kecamatan Ajibata dan seluruh warga peserta iva test dari semua desa.(SB/mars~)