Embarkasi Medan Akan Berangkatkan 8624 CJH Sumut

sentralberita | Medan ~ Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan yang diketuai Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi SAg MM didampingi Kabid Haji dan Umroh Dr H Zulfan Efendi MSi, sebagai Sekretaris dan unsur panitia ,menyatakan telah siap 100 persen .

Hal tersebut terungkap saat Kakanwil Kemenag Sumut,Ahmad Qosbi meninjau kesiapan Asrama Haji Medan dalam proses pemberangkatan Jemaah Calon Haji ( CJH) embarkasi Medan tahun 1445H/2024 M,mulai kloter 1 tanggal 12 Mei 2024 dan akan diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Kualanamu Deli Serdang Sumut,hari Senin 13 Mei 2024 pukul 03.20 Wib.

Salah satu persiapan yang ditinjau Kakanwil Kemenag Sumut dan PPIH Embarkasi Medan Jum’at (10/5) adalah simulasi perjalanan bus yang akan mengangkut jemaah haji dari Asrama Haji ke bandara kualanamu,sejauh 35 KM.
Kemudian meninjau ruang tempat makan jemaah lansia ( lanjut usia) dan risti ( risiko tinggi) di latai satu Hotel Madinatul munawaroh.

Menurut Qosbi, tahun ini ruang makan lansia dan risti sengaja dibuat tempat khusus, agar tidak gabung dengan jemaah umum lainnya dan juga kamar hotel.”
ungkapnya .

Kata Qosbi, jemaah lansia dan risti akan kita tempatkan di Lt 1 hotel Almunawarah.

Ini adalah salah satu bentuk perhatian dan pelayanan kita pada JCH lansia dan risti” kata Kakanwil.

Qosbi menyebutkan, menu makanan untuk lansia ( lanjut usia) dan risti ( risiko tinggi) akan disesuaikan.

Sebelumnya,
Kata Kakanwil, area asrama haji sudah difogging pihak terkait, sebagai upaya pencegahan dan pembasmian nyamuk .

Menyinggung upacara pemberangkatan jemaah calon haji,kata Qosbi Kloter 1 dijadwalkan akan dilepas Penjabat Gubernur Sumut, Hassanudin dan pejabat Kemenag RI.

Kloter 1 seluruhnya jemaah asal Kabupaten Asahan Sumut.
Mereka akan diberangkatkan Minggu dinihari 12 Mei pukul 03.00 Wib dan diharapkan sudah sampai di Asrama Haji Medan,hari,pukul 07.00 Wib ‘sebut Qosbi didampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Asahan dan Plt Kasie PHU Kemenag Asahan.

PPIH Embarkasi Medan juga menetapkan, waktu upacara pemberangkatan tidak boleh lebih dari 30 menit dan yang menyampaikan kata sambutan tidak lebih dari dua orang.

Dalam kesempatan itu,Qosbi menjelaskan embarkasi Medan tahun ini memberangkatkan 25 kloter dengan jumlah jemaah 8624 orang.

” Musim haji tahun ini jumlah jemaah haji embarkasi Medan ada peningkatan,
berjumlah 8624 orang ,” kata Qosbi seraya menambahkan bahwa visa JCH insya Allah sudah siap semua.

Pada arahannya kepada unsur PPIH, diingingatkan,agar semua petugas tetap profesional dalam mengemban tugas dengan baik dan amanah dan berkomitmen memberikan pelayanan prima.

” Ini adalah tugas mulia,maka laksanakanlah amanah tugas dengan sebaik baiknya, semaksimal mungkin”,pungkas Qosbi.
(Diurnawan)