Kunker ke Labuhanbatu, Jokowi Salurkan Bantuan Pangan

sentralberita | Labuhanbatu ~ Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyalurkan bantuan pangan cadangan beras Pemerintah kepada ratusan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu di komplek pergudangan Bulog Labuhanbatu jalan KH Dewantara Rantauprapat, Jum’at (15/3/2024).

Kehadiran Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan I Gusti Ketut Astawa, Dirut Bulog Bayu Krisna Murti dan Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin.

Disebutkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, ada sekitar 270 juta jiwa masyarakat Indonesia yang membutuhkan 31 juta ton beras per tahun.

“Mengurus beras untuk 270 juta masyarakat itu tidak mudah, kebutuhan kita dalam satu tahun mencapai 31 juta ton beras, dan ini harus kita penuhi,” ucap Jokowi.

Jokowi menyampaikan, bantuan pangan tersebut akan terus berlangsung hingga bulan Juni mendatang. “Jika APBN memungkinkan bantuan ini akan terus kita lanjutkan, nanti kita cek, jika tidak ya saya janjikan sampai bulan Juni ini terealisasi,” sebutnya.

Usai menyerahkan secara simbolis bantuan pangan dimaksud, Jokowi memberikan doorprize kepada dua masyarakat yang mampu membacakan Pancasila, bagi yang berhasil Jokowi memberikan satu buah sepeda santai.

Sementara Juraidah, salah seorang penerima manfaat warga Kelurahan Bakaranbatu, merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan kepadanya.

“Terimakasih Pak Presiden Jokowi, semoga bantuan seperti ini dapat terus berjalan di tahun-tahun berikutnya,” ucapnya sumringah.

Berdasarkan data Bulog, di Kabupaten Labuhanbatu ada sekitar 70.000 keluarga penerima manfaat, dan hari ini ada 500 keluarga yang menerima secara simbolis.(BS)