Kapolres Silaturahmi dan Serahkan Bantuan di Persulukan Serambi Babussalam Simalungun

sentralberita | Simalungun ~ Merajut tali silaturahmi Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., memimpin delegasi Kepolisian Resor Simalungun dalam sebuah kunjungan silaturahmi ke Persulukan Serambi Babussalam di Desa Jawa Tongah, Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun, pada hari Senin (15/01/2023).

Dalam sambutannya AKBP Choky Sentosa menjelaskan maksud dan tujuan kunjungannya yaitu mempererat tali silaturahmi antara Kepolisian Resor Simalungun dengan semua elemen masyarakat, termasuk pemuka agama dan tokoh komunitas, juga menjaga stabilitas keamanan serta ketertiban di wilayah hukumnya.

Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memperkokoh toleransi antarumat beragama, yang merupakan nilai penting dalam menjaga kedamaian dan keharmonisan sosial.

“Keberhasilan kami dalam menjalankan tugas yang diamanahkan negara tidak terlepas dari dukungan dan doa dari seluruh komponen masyarakat. Melalui kunjungan ini, kami ingin membangun komunikasi yang lebih erat, saling pengertian, dan kerja sama yang sinergis demi menjaga keutuhan serta ketentraman umum yang menjadi harapan kita bersama,” tutur Meliala.

Dalam menyambut Pemilu 2024, Menurutnya; peran serta semua pihak, terutama para tokoh agama, memiliki pengaruh besar dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya sebuah proses demokrasi yang damai, berintegritas, dan bermartabat.

“Kita semua menginginkan Pemilu yang tidak hanya sukses secara administratif, namun juga menghasilkan situasi yang kondusif, aman, dan damai di Simalungun tercinta,” harapnya.

Pertemuan ini menjadi langkah awal dari banyak kerja sama positif yang akan dilakukan bersama.

“Kami mengajak Persulukan Serambi Babussalam dan komunitasnya untuk terus berkolaborasi dalam berbagai kegiatan komunitas, pendidikan, dan sosial yang akan mendukung terciptanya masyarakat yang harmonis, toleran, dan aman, terima kasih atas sambutan hangatnya dan izinkan kami untuk terus menjaga dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” pungkas AKBP Choky.

Mengapresiasi kunjungan Kapolres Simalungun. Tokoh Agama Pimpinan Persulukan Serambi Babussalam, Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban Elrahmaniy Rajagukguk menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas inisiatif dan perhatian yang diberikan oleh Kepolisian kepada komunitas Persulukan.

“Kunjungan bapak Kapolres beserta rombongan adalah suatu kehormatan bagi kami dan menunjukkan bahwa kepolisian memiliki dedikasi yang kuat untuk menjalin hubungan baik dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk dengan kita di Persulukan Serambi Babussalam,” ujar Tuan Guru Batak dalam sambutannya.

Dia juga menegaskan kesediaan dan komitmen Persulukan Serambi Babussalam untuk mendukung penuh Kepolisian Resor Simalungun dalam usahanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan datang.

“Sebagai bagian dari masyarakat Simalungun, kami memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga kondusivitas dan kestabilan regionsal,” kata TGB Syekh Dr Ahmad. “Kami siap mendukung upaya polisi untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat dan akan mengajak jemaah kami untuk berpartisipasi secara aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif menjelang serta selama proses Pemilu 2024.”

TGB Syekh Dr Ahmad juga menambahkan bahwa Persulukan Serambi Babussalam mengajarkan nilai-nilai toleransi dan kerukunan, yang selaras dengan visi Kepolisian dalam membangun kebersamaan dan sinergi antara aparatur negara dengan seluruh lapisan masyarakat.

Dalam rangkaian acara, AKBP Choky Sentosa Meliala bersama anggota Forkopimca Kecamatan Tanah Jawa dan para Pejabat Utama Polres Simalungun memberikan paket sembako kepada pimpinan Persulukan sebagai bentuk bakti sosial. Paket tersebut diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin oleh jemaat yang beribadah di Persulukan Serambi Babussalam.

Hadir dalam acara tersebut beberapa perwira dari Polres Simalungun termasuk AKP Ghulam Yanuar Lutfi, IPTU Jonni F. H. Sinaga, IPTU Teguh Raya Putra Sianturi, dan IPTU Soni Silalahi. Dari pihak militer, hadir Komandan Koramil 10 Tanah Jawa Kapten Inf Marasi G. Sinaga. Kapolsek Tanah Jawa KOMPOL Manson Nainggolan juga turut hadir bersama dengan anggota Polsek Tanah Jawa lainnya. (Feri)