Pelatda Panjat Tebing Sumut Berjalan Lancar

sentralberita | Medan ~ Pengprov FPTI Sumut tetap berlatih penuh semangat meski mengalami kekurangan peralatan untuk latihan.

Kepala Pelatih FPTI Sumut, pelatih Hendra didampingi Wahyu Saputra mengatakan hal tersebut dalam kunjungan tim Visitasi Posko Publikasi PON XXI/2024, Selasa (5/12).
“Kita tetap berlatih penuh semangat, walau ada kekurangan peralatan latihan yang kami butuhkan,” kata Hendra.
Kekurangan peralatan latihan, seperti tali untuk pemanjatan yang sudah usang, maupun ketiadaan bolder lintasan pendek.
Peralatan tersebut sangat dibutuhkan, seperti pada bolder jarak pendek ini, atlet Sumut sebenarnya mempunyai peluang medali.

“Kami tetap berlatih semangat, kalau KONI meminta minimal 10 sesi, kami malah berlatih 11 sesi dalam satu Minggu,” kata Hendra yang dibenarkan Wahyu.
FPTI Sumut juga ditargetkan meraih medali emas, dimana KONI Sumut menargetkan 1 medali emas.
Medali emas tersebut dibidik dari nomor Speed World Record.
Sebelas atlet Pelatda Panjat Tebing Sumut berlatih pada 3 tempat, latihan fisik di lapangan Benteng Medan dan Yayasan Perguruan Gajah Mada Medan. Sementara latihan tehnik di hal stadion mini Disporasu.

Sebelas atlet Pelatda Panjang Tebing Sumut adalah Ryan Gordon Sitorus, Glen Bakri, B M R Sitorus Pane, A A Sitorus Pane, Irqi Fatahilla, M Sanip, Agustinus Dachi, AMG Sembiring, Dina R Simanjuntak, Siti Nur Nabila Huda,Fitri Sitorus. Sementara pelatih Wahyu Saputra, Hendra, Fitriadi.
Sebenarnya FPTI Sumut berharap nanti bisa diperkuat 8 putra dan 8 putra sesuai kuota sebagai tuan rumah, sebab itu tim pelatih akan menjaring atlet tambahan, untuk diusulkan penambahan kepada KONI Sumut.

Sementara, pelatih Wahyu Saputra mengungkapkan kegembiraannya dengan hasil pada BK (Babak Kualifikasi) PON Panjat Tebing pada 23-31 Oktober 2023 lalu di Semarang. Dalam event ini atlet Sumut meraih medali perunggu dari speed beregu putri.
Diharapkan, kemampuan atlet panjat tebing Sumut terus meningkat, sehingga pada saat PON nanti target bakal tercapai.
Saat ini, FPTI Sumut sedang mempersiapkan atlet untuk mengikuti Kejurnas Panjat Tebing pada 14-17 Desember.

Mengingat target yang dibebankan, Wahyu berharap KONI Sumut dan Disporasu, bisa memfasilitasi agar tim panjat tebing Sumut bisa berlatih di Pelatnas. “Dengan berlatih di Pelatnas, diharapkan bisa meningkatkan mental bertanding atlet Sumut,” ungkap Wahyu.
Sementara, Lola Puspita Sarie SPSi dari Disporasu menyatakan salut dengan semangat atlet panjat tebing Sumut. Ia berharap semangat ini terus dipertahankan sehingga bisa mengukir prestasi di PON.

Pemerintah provinsi menurut Lola Puspita, pasti akan berupaya semaksimal mungkin mendukung persiapan atlet-atlet Sumut, termasuk atlet panjat tebing sehingga nantinya kebutuhan latihan bisa segera terpenuhi secepatnya. (01/red)