Golf Sumut Siap Bertanding di PON

Atlet Sumut saat tampil di Kejurnas Golf di Royal Sumatera Medan, tahun lalu

sentralberita | Medan ~ Pengurus Provinsi Persatuan Golf Indonesia Sumatera Utara (Pengprov PGI Sumut) sangat serius mempersiapkan atlet menuju PON 2024. 7 atlet golf Sumut kini berlatih ke pulau Jawa, Thailand hingga Amerika Serikat.

“Mereka semua ditangani pelatih terbaik,” ungkap Kabid Pembinaan Rizky Marwan, Rabu (29/11/2023).

PGI Sumut akan menurunkan 7 atlet di 7 nomor tanding. Terdiri dari 4 putra dan 3 putri.

Dua atlet Sumut kini latihan di Pulau Jawa yakni pegolf putri Savana Nazwa dan Hanemas Pangestu (Jakarta).

Tiga atlet di Amerika Serikat yakni Mikail Jaydra, Viera Permata Rosada dan Raihan Abdul Latif. Sementara Christianto Sinuhaji saat ini sedang berlatih di Thailand.

Rizky menegaskan, Ketua umum PGI Sumut HM Ichsan Hakim Batubara sangat inten dan fokus bagaimana atlet Sumut meraih medali.

“Salah satunya dengan mengirimkan mereka berlatih ke Amerika Serikat,” tuturnya.

PGI Sumut, baru akan mengumpulkan 7 atlet tersebut untu latihan di Medan, 3 bulan sebelum PON dimulai. Dua pelatih sudah disiapkan untuk mendampingi mereka selama PON yakni Balraj dari Singapura dan pelatih lokal, Sulaiman.

Target 4 Medali

Sesuai amanah Musprov PGI Sumut tahun lalu, pegolf Sumut harus berprestasi maksimal pada PON 2024. Targetnya 3 hingga 4 medali dari 7 nomor tanding.

Target tersebut sangat realistis jika menilik prestasi para atlet Sumut dalam beberapa tahun terakhir. Para pegolf amatir yang usianya rata-rata masih di bawah 20 tahun itu punya potensi besar melesat pada PON mendatang.

Salah satu andalan Sumut adalah Raihan Abdul Latif yang kini menempati ranking teratas pegolf amatir nasional. Ia peraih medali perunggu Sea Games (beregu).

Cabang olahraga golf PON 2024 akan mempertandingkan 7 nomor yakni perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, beregu putri, foursome putra, foursome putri dan mix foursome.(01/red)