Organisasi Logistik Bersatu dan Kolaborasi dalam Musyawarah Wilayah ASPERINDO X

sentralberita | Medan ~ 15 November 2024, adalah hari yang bersejarah dalam dunia Logistik di Sumatera Utara. Talkshow diadakan oleh ASPERINDO (Asosiasi Perusahaaan Pos dan Logistik Indonesia) Sumatera Utara, dihadiri oleh 4 organisasi Logistik yang ada di Sumut, yakni : ALFI (Asosiasi Logistik dan Forewarder Indonesia) yang diwakili oleh Ramdhan, Wakil Ketua, IPCN (Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara) yang diwakili oleh Mardiansyah Ketua, ASSAJADARA (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengelolaan Gudang Bandara) yang diwakili oleh Deni, Pengurus. Talkshow dimoderatori oleh ASPERINDO, diwakili oleh Fikri, Sekjend dan dipandu oleh MC Pajar dan Bella.

Berkumpulnya organisasi Logistik, menghasilkan beberapa rekomendasi untuk kemajuan Logistik sumut, baik secara internal maupun eksternal. Secara eksternal : Asosiasi mengharapkan kehadiran pemerintah dalam mengatur Logistik seperti soal pajak, pungli jalanan, kebijakan impor, infrastruktur, harga surat muat udara, harga pergudangan kargo bandara, pendidikan logistik, kemudahan izin, pengaturan tarif batas bawah, persaingan usaha perusahaan asing, dan sebagainya.
Secara internal Asosiasi menyerukan tentang Kolaborasi antar organisasi dan perusahaan anggota untuk pelayanan pelanggan, kesadaran membangun bisnis dan persaingan sehat, utamanya harga yang sehat.

Kesempatan ini juga dihadiri berbagai pihak terkait, dari mulai pihak bandara : Kepala Otoritas Bandara Kualanamu, Kepala Angkasa Pura Kargo, Bea Cukai dan Maskapai. Juga dihadiri Akademisi : Politeknik LP3M, Universitas Batuta dan lembaga pendidikan Logistik Sumatera Flight. Forum Zakat Sumut sebagai mitra strategis sosial ASPERINDO juga hadir.

Talkshow diadakan dalam rangka Musyawarah Wilayah ASPERINDO SUMUT ke X, dalam rangka pertanggujawaban Pengurus periode 2019-2023 dan Memilih Pengurus Periode 2023 – 2027. Muswil memutuskan dan Memilih Fikri Alhaq Fachryana dari JNE sebagai Ketua, Sabarudin dari DBM sebagai Wakil Ketua, Manda dari DNL sebagai Sekretaris dan Fadli dari PPC sebagai Bendahara. Selanjutnya akan dilengkapi bidang-bidang sesuai dengan arah strategi organisasi selama 4 tahun kedepan.

Logistik menjadi Sektor bisnis Vital saat ini, sebagai supporting system utama dalam Ekonomi digital yang menjadi ruh ekonomi Indonesia dan dunia. Pelayanan perusahaan ASPERINDO sangat berpengaruh kepadar keberlangsungan bisnis para pelaku E-Commerce/Online Seller, proses Bisnis Korporasi, layanan logistik pemerintahan dan juga layanan logistik seluruh masyarakat / keluarga di Sumut.

ASPERINDO Sumatera Utara menaungi 62 perusahaan Logistik baik Internasional, Nasional maupun lokal di Sumut.(01/red)