USU Bidik Reputasi Global, Latih Dosen dan Mahasiswa Menulis QS News

sentralberita | Medan ~ Pentingnya menjadi sorotan media internasional, terutama melalui QS News adalah kunci mengangkat reputasi global USU ke dunia internasional. Demikian dikatakan Kepala Prodi Sosiologi, Drs. T. Ilham Saladin M.Si saat membuka workshop pelatihan penulisan QS News di Gedung FISIP USU pada Selasa (14/11/2003). Dosen, mahasiswa, dan para tenaga pendidik bergabung dalam workshop ini karena diharapkan akan mendorong pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor USU.

Dr. Fotarisman Zaluchu dari Prodi Antropologi USU bertindak sebagai pelatih menulis. Ia memandu peserta meracik tulisan yang memikat tentang prestasi dosen dan mahasiswa. Tulisan-tulisan yang diracik akan dikirim ke QS News, dan diharapkan melalui tulisan-tulisan peserta itu kemudian dapat merambah ke segala penjuru dunia akademik.

Workshop ini mengusung pendekatan FOTA sebuah akronim dari Fokus, Orientasi, Tuliskan detail, dan Akhiri. Pendekatan FOTA ini dinilai efektif memandu setiap peserta menulis berita yang memikat.

Peserta sangat antusiasme saat narasumber memberikan contoh bagaimana menerapkan FOTA dalam penulisan berita QS News. Dra. Linda Elida M.Si, Sekretaris Prodi Sosiologi, menutup acara dengan pengumuman terkait tindak lanjut, di mana Prodi Sosiologi menetapkan target kirim setidaknya tiga berita ke QS News hingga akhir 2023. Dosen dan mahasiswa, terinspirasi oleh workshop, bersiap membentuk peer-review untuk mendongkrak kualitas berita mereka.

Menutup workshop, Linda Elida menegaskan komitmen Prodi Sosiologi untuk terus memberdayakan dosen, mahasiswa, dan para tenaga pendidik guna meningkatkan kualitas secara berkelanjutan. “Program pelatihan seperti ini akan berkelanjutan,” pungkasnya. (01/red)