Ciptakan Peluang Kerja, SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan Sukses Gelar Job Fair

Bupati Labura saat membuka Job Fair SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan di Alun-alun Kota Aekkanopan.

sentralberita | Labura ~ Job Fair yang lebih dikenal sebagai pameran kerja atau pameran karir sukses dilaksanakan SMK PK (Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan) Muhammadiyah 3 Aekkanopan di Alun-alun Kota Aekkanopan, Kecamatan Kualuhhulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sabtu (11/11).

Dengan mengacu Inpres nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan mencoba terobosan menggelar Job Fair yang bertujuan menciptakan peluang usaha maupun peluang kerja bagi alumni-alumni sekolah tersebut.

Eriko Susanto ST, selaku ketua pelaksana kegiatan SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan, mengutarakan kalau Job Fair tersebut merupakan salah satu lanjutan dari program tracer study yang tersusun dalam juknis SMK PK Muhammadiyah 3 Aekkanopan.

“Diharapkan, nantinya seluruh alumni SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan sebagai SMK PK dapat diserap oleh dunia usaha dan industri/ IDUKA yang telah melakukan MoU,” imbuhnya saat ditemui wartawan di lokasi acara.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan, Rudi Aspizar, ST disela-sela acara. Dikatakannya, selain memperkenalkan alumni SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan dengan pelaku usaha industri, kegiatan Job Fair tersebut dapat membentuk generasi penerus bangsa yang berinovasi dan kreatif untuk siap kerja.

“Jadi, dengan hadirnya sekolah kita sebagai SMK PK yang ditunjuk Kementrian dan satu-satunya di Kabupaten Labura, bahkan hanya ada tiga di Labuhanbatu Raya, bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya bersekolah di SMK ini agar dapat dibentuk sebagai penerus bangsa yang berinovasi dan kreatif untuk siap kerja,” ucap Rudi meyakinkan.

Dalam sambutannya, Bupati Labura, Hendriyanto, SE juga mengapresiasi kegiatan Job Fair ini. Ia berterima kasih dan mengucapkan rasa bangganya kepada SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan.

Bupati mengaku, Job Fair yang digelar SMK Muhammadiyah itu juga merupakan salah satu program Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Labura dan berharap kedepannya bisa bersinergi dengan SMK Muhammadiyah.

“Dalam hal ini, kami (Pemkab Labura-red) juga menghimbau seluruh Perusahaan untuk mendaftar ke Dinaskerin Labura setiap membuka lapangan pekerjaan. Dan inilah progam andalan Pemkab Labura, mewujudkan ‘masyarakat cerdas, sejahtera, dan religus,” ungkap Bupati.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Labura, Taufik Hidayat, SAg juga berharap, dengan terselenggaranya Job Fair SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan ini, SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan terus bisa membantu alumni-alumninya untuk mendapatkan lowongan pekerjaan sebagai implementasi Inpres nomor 9 tahun 2016.

“Teruslah berkembang sesuai harapan Muhammadiyah. Mari menciptakan Islam berkemajuan. Khusus seluruh stakeholder SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan, teruslah optimis membangun kemajuan untuk peserta didik yg inovatif dan kreatif,” pinta Taufik.

Pantauan wartawan di lapangan, selain mempertemukan dan menghubungkan peserta didik dengan perusahaan dan pelaku industri, Job Fair itu juga menyediakan layanan service gratis bagi pemilik kendaraan dari perusahaan yang bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 3 Aekkanopan.

Terlihat juga berdiri stand-stand perusahaan telekomunikasi yang menyajikan paket-paket internet gratis. (SB/FRD)