Tokoh Muda Batak Nasional Akan Tabalkan Gelar Sahabat Semua Suku ke Rahudman Harahap

sentralberita | Medan ~ Tokoh Muda Batak Nasional Fadli Ritonga M.Kom sangat mengapresiasi Tokoh Masyarakat Sumut Rahudman Harahap yang peduli dengan Hari Ulos Nasional 17 Oktober yang dilaksanakan Yayasan Pusuk Buhit. Fadli berencana akan mengupah-upah Sahabat Semua Suku Rahudman Harahap.

“Hari ini Bang Rahudman Harahap sangat pantas mendapat gelar Sahabat Semua Suku. Kepeduliannya dengan Hari Ulos Nasional patut diaprsiasia oleh semua masyarakat Sumatera Utara,” ungkapnya di Kantor Badan Penghubung Provinsi Sumatera Utara, Jalan Jambu, Menteng, Jakarta, Rabu 1 November 2023.

Fadli Ritonga yang juga tim kerja panitia ulos 1.000 meter ke Monas, berencana akan mengundang Rahudman Harahap ke Jakarta untuk menabalkan gelar Sahabat Semua Suku kepada mantan Walikota Medan tersebut.

“Memang kita ketahui, Bang Rahudman itu sudah banyak mendapatkan gelar dari berbagai suku, ditambah lagi dengan kepeduliannya membantu tim kerja panitia Hari Ulos Nasional ke 9 dari Sumut ke Jakarta, jadi sangat pantas beliau mendapatkan gelar Sahabat Semua Suku. Kita akan undang Bang Rahudman ke Jakarta untuk menabalkan gelar Sahabat Semua Suku itu, meski dengan acara yang sederhana,” kata Fadli.

Mantan pengurus PB HMI ini sangat simpati dengan sikap kesosialan Rahudman Harahap yang merangkul semua suku adat di Sumatera Utara.

“Meski beliau (Rahudman Harahap) asli dari Puak Angkola, tetap dia bersahabat dengan Puak Toba, Simalungun, Karo, dan Pakpak. Bahkan Bang Rahudman juga bersahabat dengan orang Melayu, Nias, Padang, Jawa, Sunda, Banten dan puak lainnya. Itu bukti Bang Rahudman pantas diberi gelar Sahabat Semua Suku,” kata Fadli Ritonga.

Rahudman Harahap pernah diberi marga Paranginangin, juga gelar Datuk Laksamana Wira Duraja, dan diangkat menjadi Penasehat Wanita Pujakesuma Sumatera Utara, dan sebagainya.

Rahudman kini aktif berhubungan dengan banyak masyarakat dalam kegiatan sosial, mulai dari kegiatan kegamaan, budaya, pendidikan, olahraga, dan banyak lagi lainnya. Saat ini Rahudman menjadi salah satu sosok yang membantu suksesnya Hari Ulos Nasional ke 9 tahun 2023 di 8 kabupaten kawasan Danau Toba, hingga ke Monas, Jakarta.(01/red)