RI-India Luncurkan  “Dialog Ekonomi dan Keuangan India – india”

 sentralberita | Gujarat, India ~ India dan Indonesia mengumumkan peluncuran “India – india Economic and Financial Dialogue” (EFD Dialogue) atau “Dialog Ekonomi dan Keuangan India – india” di sela-sela pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gujarat, India Senin (17/7).

   

Siaran pers yang diterima dari Konsulat Jenderal India di Medan Senin (17/7) menyebut Menteri Keuangan (Menkeu)  Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kesatuan Keuangan dan Urusan Perusahaan India Smt. Nirmala Sitharaman, hari ini mengumumkan peluncuran “Dialog Ekonomi dan Keuangan India – india”. Platform yang diluncurkan pada pertemuan G20 Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG). Berupaya untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara dan mendorong pemahaman bersama tentang isu-isu global.

Baca Juga :  Upacara HUT ke 118 Perumda Tirtanadi Dilaksanakan dengan Hikmat dan Sederhana

   

Evolusi ‘Kebijakan Melihat ke Timur’ India pada tahun 1991, diikuti oleh ‘Kebijakan Bertindak ke Timur’, telah memfasilitasi perkembangan pesat dalam hubungan bilateral kita, khususnya di bidang komersial dan budaya,” kata   Menteri Keuangan Persatuan India Smt  Sitharaman.

   

Indonesia telah muncul sebagai mitra dagang terbesar India di kawasan ASEAN, dengan perdagangan kami mengalami peningkatan delapan kali lipat sejak 2005, mencapai 38 miliar dolar AS yang mengesankan pada TA 2022-2023,” katanya. 

   

Dialog EFD siap untuk meningkatkan kolaborasi dalam masalah ekonomi dan keuangan bilateral dan internasional dengan menyatukan para pembuat kebijakan ekonomi dan regulator keuangan dari kedua negara.    (Wie) 

Baca Juga :  Kolaborasi dengan Kementerian Koperasi, Pemprov Sumut Fasilitasi 1.000 Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM