Di Seminar Nasional Solusi Jembatan Bentang Panjang, Ini Harapan Ijeck

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah membuka Seminar Nasional Inovasi Teknologi Rangka Modern Sebagai Solusi Jembatan Bentang Panjang dan Menjadi Ikonik Daerah  sekaligus Rapat Umum Daerah (RUD) ke-VI DPD Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumut di Grand City Hall Medan, Kamis (25/5).

Seminar Nasional Solusi Jembatan Bentang Panjang, Ijeck Harapkan Ini

sentralberita|Medan~Seminar Nasional Inovasi Teknologi Rangka Modern Sebagai Solusi Jembatan Bentang Panjang dan Menjadi Ikonik Daerah diharap menjadi wadah meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten dalam pembangunan infrastruktur jembatan di Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah usai membuka Seminar Nasional sekaligus Rapat Umum Daerah (RUD) ke-VI DPD Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumut di Grand City Hall Medan, Kamis (25/5).

“Kami senang dengan acara seminar ini, mudah-mudahan seminar ini bisa memberikan pengetahuan dan jadi motivasi dalam pengembangan ilmu di bidang konstruksi jalan dan jembatan, secara teknologi bisalah kita terus berinovasi,” ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub.

Keberadaan jalan dan jembatan ini, lanjutnya merupakan salah satu faktor penting untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Dalam pembangunan jalan, bukan hanya merencanakan tapi juga yang terpenting bagaimana kualitas badan jalan dan jembatan sesuai dengan spek yang telah ditentukan.

“Tak bisa hanya memikirkan unsur panjang jalan, tetapi harus memikirkan kualitasnya supaya umurnya bertahan lama. Selain itu juga bagaimana agar bangunan itu estetika, bentuknya agar ada khas daerahnya. Inovasi ini memberi sumbangsih bagi kemajuan daerah kita,” ujar Ijeck, sembari mengatakan Pemprov Sumut terus mendorong penggunaan e-katalog dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, Ketua DPD HPJI Sumut Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan HPJI sebagai organisasi profesi memiliki tugas dan bertangung jawab meningkatkan SDM, kompetensi daripada orang yang bekerja di bidang jalan dan jembatan serta bangunan pelengkapnya agar bisa kerja lebih profesional, beretika dan berintegritas tinggi.

“Menjadi tugas dari HPJI untuk memberikan penambahan keilmuan melalui pembekalan dan pelatihan ini. Pelatihan kali ini kami menggandeng Waagner Biro yang sudah sangat berpengalaman,” ujarnya.

Seminar ini, lanjut Umar, juga merupakan arahan dari Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumut karena merupakan hal penting di tengah hiruk-pikuknya masyarakat yang membutuhkan insfrastruktur jalan dan jembatan yang cukup baik untuk dapat dilalui.

“Maka kita harus menyiapkan infrastruktur itu dengan baik, untuk menyiapkan infrastruktur yang baik syaratnya SDM yang menjadi penggunanya, maupun penyedia jasanya, maupun konsultan pengawasannya maupun managemen konstruksinya harus memiliki kualitas yang berkompetensi,” ujar Umar.

Hadir dalam acara Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumut Junaidi, Presiden Direktur Waagner Biro Indonesia Ernest Guillaume, Wakil Ketua HPJI Sumut Ibnu Sri Hutomo.(SB/01)