Forum Bisnis Indo-Pasifik 2023 Dorong Pertumbuhan Inklusif dan Berkelanjutan 

Forum Bisnis Indo-Pasifik (IPBF) kelima, yang diadakan secara virtual, pada 12 Januari 2023 di Tokyo, Jepang.(f-ist)

sentralberita | Jakarta ~ Pemerintah Amerika Serikat dan Jepang menjadi tuan rumah bersama Forum Bisnis Indo-Pasifik (IPBF) kelima, yang diadakan secara virtual, pada 12 Januari 2023 di Tokyo, Jepang. 

   

IPBF memajukan visi Amerika Serikat untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, terhubung, sejahtera, aman, dan tangguh.

   

Siaran pers dari Humas Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta yang diterima Jumat (13/1) menyebut sebagai acara diplomasi komersial utama yang disponsori pemerintah AS untuk kawasan ini, IPBF memfasilitasi para pelaku bisnis, pemerintah, dan masyarakat sipil dalam membangun koneksi dan kemitraan, bertukar praktik terbaik, serta mendorong pemikiran inovatif terkait tantangan dan peluang yang dihadapi kawasan. 

   

IPBF memperlihatkan kegiatan pemerintah dan sektor swasta yang berdampak besar guna mendukung pertumbuhan lapangan kerja dan pembangunan ekonomi berstandar tinggi untuk kemakmuran dan ketercakupan yang lebih luas di kawasan Indo-Pasifik.

   

Pentingnya kerja sama dan kemitraan ekonomi dan komersial di Indo-Pasifik merupakan hal utama. Kemampuan kepemimpinan Amerika Serikat dalam IPBF 2023 merupakan cerminan arti penting acara ini bagi Amerika Serikat. Empat pejabat menteri dan setingkat menteri AS, yaitu Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Perdagangan Gina Raimondo, Menteri Perhubungan Pete Buttigieg, dan Perwakilan Dagang AS Duta Besar Katherine Tai, memberikan kata sambutan pada forum tersebut melalui rekaman pidato.(wie)