Dekranasda Sumut Luncurkan Buku Selayang Pandang

Gebyar akhir tahun dan meluncurkan “Buku Selayang Pandang Dekranasda Sumut” di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (30/12).(f-ist)

sentralberita | Medan ~ Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrnasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar gebyar akhir tahun dan meluncurkan “Buku Selayang Pandang Dekranasda Sumut” di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (30/12).

Buku setebal 77 halaman yang berisi visi, misi, sasaran strategis, tujuan dekranansda, informasi gedung Dekranasda dan galeri promosi, serta produk-produk unggulan Sumut diluncurkan secara digital oleh Ketua Dekransda Sumut Nawal Lubis bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan  (DWP) Sumut Dian Arief Trinugroho, Ketua Dekransda Batubara Maya Indriasari Zahir, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut Solahuddin Nasution.

Nawal Lubis mengatakan, buku ini hadir memberikan ruang kepada perajin dan UMKM di Sumut untuk menampilkan produk unggulan dan pemasaran produk-produk kerajinan, serta  menjadi ajang promosi. Juga sarana informasi kepada masyarakat tentang kiprah Dekrnasda Sumut.

“Buku ini masih sangat sederhana, menggambarkan tantangan dan ujian bagi Dekransda sebagai pembina dan pendamping  masyarakat pelaku Industri Kecil Menegah (IKM) / Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus mengembangkan, mempromosikan dan memasarkan produk para pengrajin di Sumut, saat menghadapi pandemi Covid-19,” katanya.

Saat ini, Covid-19 sudah mulai pulih, ini momen untuk kesempatan bagi IKM/UMKM dan stakeholder untuk memajukan produk lokal, khususnya kriya, sehingga bisa berkontribusi positif dalam mengembangkan dan memajukan sektor ekonomi Sumut.

Untuk itu, Nawal berharap para IKM/UMKM bisa menghasilkan produk yang berdaya saing, bisa menembus pasar global dan serba digital. Sehingga IKM/UMKM akan banyak yang naik kelas dan bisa membantu pemerintah memperluas lapangan kerja.(01/red)