Gempa tak Surutkan Semangat, Taput Memukau di Cabor Atletik

Kontingen Taput berhasil meraih 5 emas, 1 perak dan 4 perunggu di pertandingan yang digelar di Stadion Mini Unimed

sentralberita | Medan ~ Kontingen Tapanuli Utara (Taput) tampil memukau di cabang olahraga (cabor) atletik pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera (Porprovsu) XI 2022.

Hingga hari ketiga Rabu (2/11/2022), kontingen Taput berhasil meraih 5 emas, 1 perak dan 4 perunggu di pertandingan yang digelar di Stadion Mini Unimed tersebut.

Kelima medali emas diraih Jelita Simanullang (tolak peluru putri), Daniel Simanjuntak (5000 dan 10000 meter putra), Siska Simamora (1500 dan 5000 meter putri).

D. Jodi Nainggolan, Ketua Kontingen Taput kepada wartawan mengatakan bahwa mereka berhasil mencapai target yakni 5 emas di cabor atletik.

“Target kita di cabor atletik yakni 5 emas dan itu sudah tercapai. Saya mengucapkan terimakasih kepada atlet,” ujar Jodi didampingi Robin Sianturi, Ketua KONI Taput.

Diakui Jodi, awalnya mereka pesimis bisa meraih target di Porprovsu akibat bencana gempa. Namun karena semangat atlet, apa yang diinginkan dan ditargetkan berhasil diraih.

“Kami berharap atlet yang meraih emas bisa terpilih membela PON Sumut mendatang,” tambah Jodi.

Atlet pelari Taput dilatih lima orang yakni
Ronny Siringoringo, Benny Hutasoit SPd, Bernat Simanjuntak SPd, Dra Henri Hutabarat dan Melky Saragi.

Ronny Siringoringo mengatakan, mereka dengan serius melatih atlet di empat lokasi yakni Pagaran, Tarutung, Siborong Borong dan Garoga.

“Kami juga berterimakasih kepada atlet yang serius berlatih dan bisa meraih sukses,” ujar Ronny Siringoringo.

Hasil cabor atletik di hari ketiga yakni di nomor lari 10000 meter putra, emas diraih Daniel Simanjuntak (Taput), perak diraih Firton Lumbantoruan (Binjai), perunggu diraih Arwah Zebua (Medan).
Nomor lari 800 putra, emas diraih M Syahputra (Langkat), Kurnia Ramadhan (Karo) dan perunggu diraih Riswandi Tanjung (Sibolga).

Nomor lempar cakram putri, emas diraih Sri Astuti (Binjai), perak diraih Yolanda Teresia (Medan) dan perunggu diraih Loister Yorike Hutagalung (Taput).
Nomor lari 800 meter putri, emas diraih Siska Simamora (Taput), perak diraih Halimatussakdia (Medan), perunggu diraih Emma Bassa (Deliserdang).

Nomor 4 x 100 estafet putra, emas diraih Binjai, perak diraih Batubara dan perunggu diraih Asahan.

Nomor 4 x 100 estafet putri, emas diraih Asahan, perak diraih Binjai dan perunggu diraih Karo.

Hingga siang hari, Kontingen Binjai memimpin perolehan medali sementara dengan 8 emas, 7 perak dan 3 perunggu.
Di posisi kedua Taput, dengan raihan 5 emas,1 perak, 4 perunggu.
Di posisi ketiga Asahan dengan raihan 4 emas, 1 perak dan 5 perunggu. Posisi keempat ditempati Karo dengan raihan 3 emas, 5 perak dan 2 perunggu.
Sedangkan Kota Medan di posisi kelima dengan 3 emas, 4 perak, dan 4 perunggu. (01/red)