Survei DBS: Manulife Ungkap Kesenjangan Aspirasi dan Persiapan Masyarakat Indonesia Melindungi Masa Depan


sentralberita|Jakarta ~Masyarakat Indonesia memiliki aspirasi yang kuat untuk membeli asuransi agar melindungi masa depan, namun banyak yang belum membuat keputusan untuk membeli, berdasarkan DBS-Manulife Future Ready Survey 2022 yang dilakukan oleh DBS Treasures dari
PT Bank DBS Indonesia (“Bank DBS Indonesia”) dan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
(“Manulife Indonesia”) pada segmen affluent.

Terlihat dalam survei bahwa 61% responden menginginkan asuransi melindungi mereka di hari tua, namun banyak yang belum mengambil langkah persiapan yang dilakukan.

•Perlindungan Kesehatan: 63% mengkhawatirkan peningkatan biaya medis dalam 30 tahun mendatang, namum hanya 37% yang sudah memiliki asuransi. Bahkan untuk penyakit kristis yang dapat menghambat atau menghentikan pekerjaan penderitanya, 72% justru mengharapkan pasangan untuk mengurus mereka secara finansial jika mereka tidak dapat bekerja.

• Biaya Pendidikan: 75% memiliki aspirasi mempersiapkan dananya, namun di antaranya baru 67% merasa sudah mempersiapkan dana yang cukup.

• Pensiun: Sementara 75% memiliki aspirasi mempersiapkan dana yang dibutuhkan. Namun, hanya 34% memiliki asuransi dengan annuity plan atau Manfaat Tunai Tahunan (pembayaran tunai setiap tahun selama periode tertentu) yang dapat menjadi salah satu rencana pensiun.

• Legacy Planning: Survei yang sama menyebutkan bahwa 78% responden yang merupakan orangtua berencana meninggalkan peninggalan berharga, namun baru 64% di antaranya yang sudah memiliki asuransi jiwa sebagai bagian dari legacy plan.

Head of Investment and Insurance Product PT Bank DBS Indonesia, Djoko Soelistyo mengatakan, “Seiring potensi kepemilikan asuransi di Indonesia serta penemuan perilaku terbaru Nasabah di atas, DBS Treasures menyikapi sejak awal dengan memperkaya solusi terkait perlindungan yang mencakup tiap tahap kehidupan dan dapat disesuaikan dengan aspirasi tiap Nasabah, sehingga Nasabah dapat mengantisipasi risiko kehidupan serta mempersiapkan peninggalan berharga bagi diri dan orang terkasih. Mulai dari produk bancassurance untuk kesehatan, penyakit kritis, jiwa/legacy, pensiun dan pendidikan anak.

DBS Treasures menyediakan Nasabah dengan Smart Insights yang berupa fakta-fakta seputar perencanaan perlindungan yang sesuai aspirasi Nasabah dan disampaikan melalui ragam media komunikasi berdasarkan preferensi. Sebagai contoh informasi ini dapat berupa gambaran biaya mengenai penyakit kristis, biaya pendidikan anak di luar negeri dalam 5 tahun ke depan, hingga solusi legacy yang memberikan ketenangan.

Selain itu, Nasabah dapat mengikuti rangkaian acara Smart Talk bersama narasumber terkemuka
lokal dan global dengan topik dan isu yang disesuaikan berdasarkan tren dan kebutuhannasabah. Salah satunya rangkaian acara “More Future Ready, Less Worry” di bulan Agustus 2022 terkait legacy planning mencakup hukum dan pajak waris di Jakarta, Medan, Bandung, dan
Surabaya. Sebelumnya telah diadakan juga acara online mengundang dokter dan ahli kesehatan
terkait penyakit autoimun, mental wellness, dan lainnya.

Baca Juga :  KPPU: Empat Strategi Lindungi UMKM di Pasar Global

“Berdasarkan survei, sangatlah jelas terlihat keinginan yang kuat untuk memiliki proteksi yang
lebih baik, namun ada kesenjangan dalam prilaku atas keinginan tersebut,” jelas Amy Gochuico,
Chief of Bancassurance Manulife Indonesia.

“Di Manulife Indonesia, kami menginginkan untuk membantu nasabah untuk memudahkan keputusan dan membuat hidup lebih baik. Oleh karenanya, melalui kerjasama dengan Bank DBS Indonesia, kami senantiasa untuk berinovasi dalam memberikan solusi asuransi untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terusberkembang.”

Bersama, DBS Treasures dan Manulife Indonesia menyediakan ragam solusi bagi nasabah dan
keluarga mereka untuk membantu melindungi setiap momen kehidupan mereka melalui
perencanaan keuangan yang efektif, efisien dan terpecaya.

Hal ini diwujudkan dengan berbagai link produk bancassurance seperti, MiTreasure Future Smart
Assurance dan MiTreasure Future Lifesaver yang merupakan asuransi jiwa dwiguna (pendidikan
& retirement), asuransi jiwa murni seperti MiTreasure Whole Life Legacy, maupun asuransi jiwa
dengan investasi untuk peruntukan legacy – unitlink seperti MiTreasure Optimax Protection,
MiTreasure Ultimate Protection untuk peruntukan legacy, untuk asuransi kesehatan terdapat
pada produk MiUltimate Health Care dan MiEarly Critical Protection untuk asuransi penyakit
kritis. Nasabah juga dapat menyesuaikan kebutuhan mereka dengan menambahkan asuransi
tambahan dengan beragam manfaat untuk mengantisipasi risiko kehidupan kebutuhan masingmasing individu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silakan hubungi DBS Treasures atau
menghubungi cabang-cabang Bank DBS Indonesia.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 negara. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura. DBS berada dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Tiongkok, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Peringkat kredit “AA-” dan “Aa1” DBS termasuk yang tertinggi di dunia. DBS dikenal dengan kepemimpinan globalnya, dinobatkan sebagai “World’s Best Bank” oleh Euromoney, “Global Bank
of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang terpilih sebagai “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney dan “Most Innovative in Digital Banking” di dunia oleh The Banker. Selain itu, DBS mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia” dari Global Finance selama 13 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2021.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, UKM, dan juga perbankan korporasi. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan itu. DBS bertekad membangun hubungan langgeng dengan nasabah serta menjadi bank dengan cara bank Asia.

Baca Juga :  BSI Gandeng Garuda Indonesia Hadirkan Nilai Tambah Layanan Haji Indonesia

Melalui DBS Foundation, bank menciptakan dampak positif yang lebih dari sekadar perbankan melalui dukungan kepada wirausaha sosial: bisnis yang berfokus menyeimbangkan profit serta dampak sosial dan/atau lingkungan. DBS Foundation juga berkontribusi kepada masyarakat dalam berbagai hal, termasuk mempersiapkan masyarakat dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan dan membangun ketahanan pangan.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir menarik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

Tentang Manulife Indonesia
Didirikan pada tahun 1985, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada konsumen individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Melalui jaringan dengan jumlah hampir mencapai 11.000 karyawan dan tenaga pemasar profesional yang tersebar di lebih dari 30 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia.

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebihlengkap mengenai Manulife Indonesia, termasuk tautan untuk mengikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, atau kunjungi www.manulife.co.id.

Tentang Manulife
Manulife Financial Corporation adalah penyedia jasa keuangan internasional terkemuka yang membantu masyarakat membuat keputusan mereka lebih mudah dan hidup lebih baik. Melalui kantor pusat global kami di Toronto, Kanada, kami menyediakan advis finansial keuangan dan asuransi, beroperasi sebagai Manulife di Kanada, Asia, dan Eropa, dan terutama sebagai John Hancock di Amerika Serikat. Melalui Manulife Investment Management, merek global untuk segmen manajemen kekayaan dan aset global kami, kami melayani individu, institusi, dan program pensiun di seluruh dunia.

Kami beroperasi di Asia dan Kanada, dan Amerika Serikat, di mana kami telah melayani nasabah selama lebih dari 155 tahun. Kami diperdagangkan dengan simbol ‘MFC’ di bursa Toronto, New York, dan Filipina serta dibawah 945’ di Hong Kong. Pada 12 bulan terakhir kami telah membayar klaim sebesar CAD$31.8 miliar kepada nasabah kami. Tidak semua penawaran tersedia di semua yurisdiksi. Untuk informasi tambahan, silakan kunjungi manulife.com. (SB/01)