Kapal Ikan Nelayan Tenggelam Dua ABK Meninggal Dunia

Korban kapal tenggelam diperairan Pagurawan, (sb/f-ru)

sentralberita I Batu Bara ~ Dua anak buah kapal (ABK) Azmi dan Utis masing-masing warga Dusun Pintu Air Desa Sidomulyo, Kec. Medang Deras, Kab. Batu Bara dan Mahyudin Als Sitam (37) warga Gg PKK Kel. Pagurawan, Kec. Medang Deras Kab. Batu Bara dikhabarkan meninggal dunia setelah kapal yang ditumpanginya ditabrak kapal Kargo Peti Kemas, Kamis (16/6/2022) sekira pukul 10. 00 Wib, di perairan Pagurawan.

Berdasarkan informasi dihimpun menyebutkan, hari itu sekira pukul 06.00 Wib, KM AZMI berangkat dari Pagurawan menuju ke laut di posisi Birub atas daerah Pantai Cermin di lintasan kapal-kapal niaga.

Usai melabuh tangkulnya sekitar pukul 10.15 Wib kapal ini Lego jangkar sembari istirahat menunggu. Saat istirahat, sekitar pukul 12.00 Wib melintas Kapal Super Kargo Peti Kemas yang tidak diketahui identitasnya datang dari arah Belawan dan menabrak KM AZMI. Akibatnya KM AZMI hancur dan tenggelam, sedangkan Kapal Super Kargo terus melaju meninggalkan KM AZMI.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Batu Bara Sampaikan Manfaat Program BPU

Beruntung, sekitar Pkl. 14.00 Wib, melintas kapal boat jenis Seruwai yang dinakhodai Ucok (49) hendak pulang menuju ke Pantai Labu dan menemukan 2 Orang ABK KM AZMI yakni Muhammad Sukri Als Fi’i (45) dan Suherman als Sisu masing-masing warga Kel Pagurawan yang terapung setelah kapal mereka ditabrak kapal Kargo.
Terhadap kedua ABK dilakukan pertolongan dan membawa keduanya ke Pos Babinpotmar P. Labu.

Sembari membawa kedua ABK yang sempat tenggelam namun selamat, disepanjang perjalanan menuju Pantai Labu, kapal boat itu juga mencoba mencari 2 orang lagi ABK KM AZMI yang hilang sesaat setelah terjadi insiden tersebut. Namun sayangnya, dalam lintasan itu kedua korban tak berhasil ditemukan.

Baca Juga :  Cegah Penyelundupan, Sat Polairud Polres Tanjung Balai Patroli dan Sambangi Nelayan

Dua hari setelah kejadian, pencarian terhadap dua ABK yang tenggelam terus dilakukan. Dan, Sabtu (18/6/22) sekira pukul 05.00 Wib korban Sutisna als Utis di temukan disekitar lokasi kejadian dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Sedangkan korban Mahyudin als Sitam ditemukan di perairan Bedage sekira pukul 12.00 Wib. Selanjutnya Basarnas Tanjung Balai dan Instansi terkait bergabung akan membawa korban ke Pagurawan.

Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes, SIK melalui Kasi Humas Iptu A Sitorus, dalam realiese di Grup Humas Polres Batu Bara membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya, berdasarkan konfirmasi dengan pihak Polsek Medang Deras, kedua korban tenggelam sudah ditemukan dan masing-masing korban disemayamkan dirumah duka untuk dilakukan pemakaman,(ru)