Ikal SMP Negeri 3 Medan Punggahan Sambut Bulan Suci Ramadhan

sentralberita|Medan~Tidak seperti biasanya, pemandangan kali ini agak jauh berbeda Ikal ( Ikatan Alumni ) SMP Negeri 3 Medan, lintas angkatan mengadakan acara Silahturahmi dan kegiatan Punggahan menyambut bulan suci
Ramadhan 1443 Hijriah tahun ini.

Acara Silahturahmi dan Punggahan ini digagas oleh salah seorang alumni yang merasa terpanggil untuk mengumpulan sesama Alumni.

Apalagi, moment nya tepat sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H.

Menurut Koordinator Panitia, Irvan Aulia, mengatakan kegiatan Punggahan yang dilakukan para Alumni ini adalah kegiatan yang perdana.

” Jadi, kami dari Panitia sangat mengapresiasi kehadiran teman-teman Alumni untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tentunya yang paling utama itu adalah kita sesama Alumni saling maaf memaafkan. Siapa tahu selama ini ada diantara sesama Alumni yang tak enak-enak hati dalam berteman ini. Itu gunanya kita berkumpul untuk saling maaf memaafkan,” ujar Irvan didampingi Wakil Koordinator kegiatan, Safinaz Arifin dan Bendahara Khalida serta Sekretaris Rahma Yanti Rahman.

Kegiatan Punggahan ini ditanggung jawabi oleh Ketua Rohtal Islam, Junaidi Chaniago dan dibuka oleh Lusiana Angkatan 91′ sebagai pembawa acara dan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran yang dibawakan oleh Rahmad Pramulia dari Angkatan 83′ dan Sari Tilawah oleh Liza Angkatan 92′.

Serta kata sambutan mewakili dari Alumni Rohtal Islam SMP Negeri 3 Medan dan Wakasek SMP Negeri 3 Medan, Hendro.

Yang paling ditunggu-tunggu yakni Tausyah yang disampaikan oleh Ustadz Musdar Bustamam Tambusai Lc, M.A dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan doa.

Dalam Tausiyahnya, Ustadz Musdar mengambil thema persiapan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah

” Sebelum berpuasa sebulan penuh hendaklah kita melakukan Muhasabah diri atau istilahnya Introspeksi diri. Misalnya, jika tahun lalu ada Puasa kita yang belum kita bayar. Segeralah dibayar sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jadi dengan Muhasabah Diri jangan terjadi lagi beribadah yang asal-asalan,” kata Ustadz yang juga suami dari salah seorang Alumni SMP N 3 Medan, Rahma Yanti Rahman.

Jangan lagi, kata Ustadz Musdar, kita menceritakan aib orang lain.

Atau,” mencari-cari kelemahan orang lain. Kalau sebelumnya kita ada melakukan itu namun kalau bisa Puasa Ramadhan nanti itu harus ditinggalkan. Jadi, intinya berilmu dulu lah kita baru beramal.”

Begitupun, masih kata Ustadz Musdar, banyak gangguan-ganggauan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini misalnya dengan alasan karena bekerja.

Tapi,” jangan gara-gara bekerja jadi alasan tidak mau Puasa. Makanya disini ke Islaman itu tidak menjamin seseorang mau mengerjakan amal ibadah yang diperintahkan Allah. Sebab, yang menjamin orang melakukan Puasa itu adalah orang-orang yang beriman,” ulas Ustadz Musdar lagi.

Jika kita memasuki Ramadhan dengan keimanan yang kuat. Pasti,” Ramadhan itu sangat berharga bagi kita. Sehingga begitu usai Ramadhan akan berpengaruh bagi kita. Itu akan kelihatan karena kita jadi berubah,” papar Ustadz Musdar panjang lebar.

Orang-orang yang merasa dirinya Mukminun terhadap Allah. ” Orang itu akan mempersiapkan diri saat menjelang Ramadhan tiba. Bagi orang beriman, dia akan membuat perencanan selama menjalani ibadah Puasa. Misalnya, apakah akan melakukan Salat tarawih keliling bersama keluarga, Tadarus bersama keluarga dan lain-lain. Tapi, semua itu harus dilakukan dengan kemampuan kita.
Maksudnya, jangan sampai kita memaksakan diri.”

Namun,” Jika perencanaan kita tidak berjalan sesuai yang kita rencanakan itu semua kita serahkan saja pada Allah Swt.,” ungkap Ustadz Musdar.

Acara Punggahan makin terasa sakral dan terlihat sangat kekeluargaan, saat para Alumni tampak saling bersalam-salaman saling maaf memaafkan, makan bersama dan foto bersama.( Debbi Safinaz )
[