Penting Edukasi Politik ke Masyarakat

Pelantikan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut, Jumat (11/3), di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1 Medan.(f-hum)

sentralberita | Medan ~ Edukasi dan sosialisasi politik penting agar masyarakat mampu secara objektif memilih pemimpin dan wakilnya. Dengan begitu, pembangunan di Sumatera Utara (Sumut) akan berjalan lebih baik, karena masyarakat mampu menilai pemimpin dan wakil yang dipilihnya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri pelantikan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut, Jumat (11/3), di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1 Medan.

Bahkan menurut Edy Rahmayadi, hal tersebut juga akan meningkatkan partisipasi pemilih Sumut, yang pada pemilihan sebelumnya mencapai 79,91% dan melebihi target nasional (77,5%).  Dengan adanya edukasi politik, partisipasi pemilih akan dapat lebih ditingkatkan lagi.

“Masih banyak pemilih yang belum menggunakan hak pilihnya dan masih sangat banyak masyarakat kita yang perlu edukasi politik, agar dalam memilih dia lebih objektif, sehingga menghasilkan pemimpin dan dewan yang berkualitas,” kata Edy Rahmayadi.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut, di tahun 2019 jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) Sumut sekitar 9,7 juta. Pada Pemilihan Presiden jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya hanya mencapai sekitar 7,5 juta.(01/red)