Antisipasi Kelangkaan, Kepdes Simaninggir Bagikan Pupuk Gratis ke Petani

Kepdes Simaninggir bersama masyarakat saat pembagian pupuk gratis

sentralberita | Tapsel ~ Kepala Desa Simaninggir, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), membagikan pupuk gratis kepada masyarakat. Tindakan itu dilakukannya untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk. Sementara, masyarakat yang mayoritas petani sangat membutuhkan pupuk.

Untuk pembelian pupuk tersebut, Kepdes bersama aparatnya bersepakat menggunakan Dana Desa (DD) TA 2021.

” Ini adalah hasil kesepakatan kami. Kami tidak ingin hasil pertanian masyarakat turun karena tidak bisa mendapatkan pupuk”, kata Kepdes Simaninggir, Ismail Sitompul kepada wartawan (29/11/2021) di Sipirok.

Dijelaskannya, inisiatif tersebut juga mereka koordinasikan dengan Pemkab Tapsel melalui
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) serta Camat Sipirok. Dan pada saat pembagian, Dinas PMD dan Camat turut langsung menyaksikannya.

Ditambahkannya, adapun pupuk yang dibagikan yaitu jenis urea dan TSP. Dimana, jumlah penerima 129 Kepala Keluarga (KK). Dan setiap KK mendapatkan 100 Kg pupuk, jelasnya.

Diungkapkan Ismail, selain pupuk, beberapa waktu lalu, mereka juga sudah memberikan bantuan bibit Alpukat kepada 170 KK didesanya. Dimana, setiap KK mendapat 20 batang bibit.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan berupa plastik mulsa, bibit tomat dan cabai. Dan yang tidak kalah pentingnya, pihkanya juga sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari DD 2021.

” Semua yang kami lakukan adalah untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Tapsel. Utamanya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dimasa pandemi Covid – 19″, tambahnya.

Diujung pembicaraan, Kepdes berharap agar masyarakat benar – benar bisa memanfaatkan semua bantuan itu dengan baik. Sehingga, perekonomian masyarakat bisa meningkat meskipun pandemi Covid – 19 masih belum berakhir, pungkasnya. (SB/PH).