Orari Deliserdang Bantu Terlaksananya Jambore Udara

Ketua Orari lDeliserdang M. Asywinsyah Putra, IR- YB6JMM disela pelaksanaan Jota-joti foto bersama (SB/F-AR)

sentralberita|Deliserdang~ Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) Kabupaten Deliserdang membantu terlaksananya Jambore Udara (Jota-joti) yang dilaksanakan di SMKN 1 Tanjung Morawa, Jalan Sultan Serdang Gan Pendidikan, Telaga Sari, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan setiap bulan Oktober ini diikuti 171 negara di dunia, dengan harapan dapat menyatukan lebih dari 2 juta pramuka dengan cara on the air.

“Jamboree on the air (jambore udara) menggunakan pesawat radio maupun penggunaan antena satelit untuk dapat terkoneksi ke daerah maupun negara lain menggunakan High Frekuensi”. ujar ketua Orari lokal Deliserdang M. Asywinsyah Putra, IR- YB6JMM disela pelaksanaan Jota-joti.

Kegiatan yang menyatukan lebih dari 2 juta pramuka setiap tahun di bulan Oktober ini merupakan salahsatu bentuk kegiatan yang baik, dimana kaum muda dapat belajar tentang teknologi komunikasi, mulai dari menggunakan pesawat radio sampai online berselancar didunia maya dengan baik dan benar.

“Komunikasi sampai kapanpun sangat dibutuhkan guna bagi siapapun dan dimanapun. Melalui amatir radio ataupun internet keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Terlebih pada kegiatan amatir radio dimana peserta harus mampu menggunakan bahasa dan tau cara berkomunikasi melalui pesawat sederhana ketika tidak adanya akses internet atau sinyal dari provider maka radio komunikasi sangat besar peran sertanya dalam membantu menyampaikan informasinya.” Pungkas Aswin.

Jamboree on the air (Jambore udara) menggunakan pesawat radio maupun penggunaan antena satelit untuk dapat terkoneksi ke daerah maupun negara lain menggunakan High Frekuensi. Dalam kegiatan tersebut, terlihat para peserta antusias mengikuti Jambore ini.(SB/AR).