2022 Toba Take-off !!

sentralberita | Medan ~ Dimulai dari Parapat dengan Dermaga wisata (depan) ATSARI Hotel, penataan trotoar yang sudah hampir tuntas dan Pantai Bebas yang bakalan keren banget, Toba terasa sangat dinamis belakangan ini. Pemandian Umum Parapat juga sedang dikerjakan cepat. Wajahnya bakalan cantik menawan. Beberapa hotel terlihat mulai berbenah dengan semangat.

Akhir tahun ini Kawasan Danau Toba mulai memperlihatkan penampilan barunya.

Tuktuk yang memang selalu di garda depan kini terlihat mengkilap dengan trotoar rapih-cantik dan hotel serta cafe-resto yang cantik dan keren. Tambah lagi hotel bintang **** berlantai 4 dengan kualitas kelas dunia yang sedang dibangun dan diperkirakan selesai 2022.

Tano Ponggol dikebut dan Pangururan bakalan meriah dengan jembatan Dalihan na Tolu dan Pangururan Waterfront yang dilengkapi dengan atraksi air-mancur dan panggung terapung. Bayangkan kapal wisata dan niaga lalu-lalang di Tano Ponggol, melintas di depan Waterfront membawa wisatawan berkeliling Samosir.

Wisata Rohani juga tak ketinggalan. Patung Kristus Penyelamat di Sibeabea yang akan selesai 2022 dengan kawasannya yang ditata apik oleh perencana terkemuka bakalan jadi destinasi wajib bagi wisatawan.

Menara Pandang Tele akan dilengkapi dengan sky-walk yang meliuk serasi dengan vegetasi di kawasan tersebut. Dari sky-walk ini pengunjung bisa memandang Gunung Pusuk Buhit, Tao Silalahi, Pulau Samosir dan tebing2 spektakuler peninggalan letusan Toba-Blast 75.000 tahun yll. Sentuhan budaya Batak akan melengkapinya dengan Plaza Tarombo yang secara grafis dan sistem cahaya akan menggambarkan garis silsilah Bangso Batak. Ini “story-telling” yang bakalan menarik buat tua-muda, Batak maupun non-Batak.

Dermaga ferry di Ajibata, Muara, Simanindo, Tigaras, Tongging, Silalahi, Sipinggan, Onan Runggu dan berbagai tempat lain pun sudah mendekati penyelesaian tuntas. Tiga unit ferry besar dan moderen, ditambah ferry yang sudah ada akan melengkapi konektifitas berbagai tempat di tepi danau Toba. Masih ada pula bus air untuk dinikmati wisatawan.

Jalan lingkar Samosir yang mulus dan lebar, jalan baru lintas Bakara-Muara dan jangkauan Telekomunikasi 4G yang terus diperkuat akan menambah kenyamanan pengunjung nantinya. Work from Toba? Bisa!

Tanah Karo juga kini berbenah kencang dengan banyaknya investasi baru. Cafe, hotel dan berbagai destinasi baru muncul dalam bilangan bulan. Terkaget-kaget kita melihat kualitas desain dan pelayanannya. Wow kalilah!

Hebatnya lagi, kaum muda Toba sudah bersiap-siap penuh semangat menyambut naik-kelasnya kawasan ini. Berbagai komunitas berlomba-lomba merintis kegiatan bidang seni, budaya dan industri kreatif. Sekolah Tinggi Pariwisata didirikan di Tarutung. Di Politeknik Pariwisata Medan mahasiswa asal Toba tak mau kalah berlomba belajar ilmu dan kemampuan industri hospitality.

Ini cuma cerita atau kenyataan?

Ini kenyataan Ampara, Lae, Ito, Anggia, Abang, Amang, Inang, Tulang, Nantulang, Amangboru dan Namboru! Toba kita sedang berbenah dan siap Take-off 2022 mendatang.

Coba datang ke Toba dan lihat2 kira2 dimana kita bisa ikut berperan dan investasi??(01/red)