Qurban Ikal SMPN 3 Medan Ditengah Wabah Pandemi Tetap Meningkat dari Tahun ke Tahun

sentralberita|Medan~Untuk yang ketiga kalinya Ikal SMP Negeri 3 Medan mengadakan pemotongan hewan Qurban, yang diadakan pada, Rabu, 21 Juli 2021/11 Dzulhijjah 1442 H, bertempat di Masjid Al Hikmah, Jl Jermal XV, Medan.

Dengan thema, “Qurban meningkatkan ketaatan pada Allah dan Rasulullah, serta kepedulian pada sesama Ummat” .

Ketua Panpel Qurban SMP Negeri 3 Medan, Andi Lazuardi mengatakan para alumni yang berqurban tahun ini ada sekitar 35 orang.

“Ada 4 ekor lembu dan 7 ekor kambing yang di Qurbankan. Sehingga kupon Qurban yang dibagikan sekitar 452 bungkus yang berisi sekitar 1,5 kg per bungkusnya. Hewan-hewan Qurban ini didatangkan dari Stabat. Syukur Alhamdulillah, walau pun dibeberapa titik ternyata penutupan jalan. Tapi dalam perjalanan tidak ada mendapat kendala ,” kata Andi yang juga alumni Angkatan 83’.

Kupon Qurban itu, kata Andi, di bagi-bagikan pada para peserta Qurban, para Alumni SMPN 3 Medan, para guru SMPN 3 Medan , Alumni yang non muslim dan buat warga sekitar Masjid.

Menurut Andi, walaupun ditengah suasana wabah Pandemi Covid19 yang terjadi saat sekarang ini. Namun, minat Alumni yang berQurban tetap meningkat dari tahun ke tahun.

“Biasanya setelah selesai pelaksanaan Qurban ini, Panitia akan membuka kembali program Qurban untuk tahun depan. Uang Qurban bisa dicicil sampai setahun lamanya,” ujar Andi didampingi Ketua Ikal Korwil Sumatera, Zainal Arifin, Wakil Ketua Aten, Sekretaris Panitia Anna Azwani.

Menurut Andi, tujuan diadakannya Qurban SMP Negeri 3 Medan ini yang sudah berlangsung sejak tiga tahun berturut-turut. Agar,” lebih memupuk Ukhuwah Islamiah diantara sesama Alumni. Alumni sejak angkatan 70an hingga 2000 an bisa saling bersilahturahmi disini,” ungkap Andi didampingi Wakil Sekretaris, Liza dan beberapa team kreatif Lusi, Susi, Fuji & Khalida.

Untuk ke depannya, kata Andi, dia menghimbau agar para Alumni bisa menyisihkan uangnya untuk ikut berqurban. Karena,” selain berpahala, kita juga saling memupuk rasa persaudaraan terhadap sesama Alumni SMP N 3 sendiri. Uang Qurban juga bisa dicicil setahun lamanya,” papar Andi panjang lebar.

Suasana pelaksanaan Qurban di Masjid tanah garapan itu terlihat memakai prokes yang ketat. Di depan pintu masuk Masjid disediakan wastafel/pencuci tangan.

Di meja tamu juga tersedia masker dan hand sanitizer. Setiap Alumni dan para tamu diwajibkan memakai masker. Sehingga prokes yang dijalankan begitu ketat dan terorganisir. Bravo SMPN 3 Medan!! (SB/Debbi Safinaz)