Bupati Ajak Masyarakat Huta Ginjang Jadi Duta Wisata Desa

sentralberita | Tapsel ~ Masyarakat Desa Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) harus terus berbenah. Salah satunya, menjadi Duta Wisata Desa seiring dengan pembangunan Desa Wisata Agro didesanya.

Mereka harus mampu mempromosikan berbagai keunggulan Desa Wisata Agro untuk menarik wisatawan datang dan berkunjung. Selain itu, masyarakat juga harus bersikap ramah dan lebih humanis sehingga pengunjung yang datang bisa merasa senang dan betah berlama – lama di Desa Huta Ginjang.

” Masyarakat Desa Huta Ginjang harus benar-benar mendukung program ini. Sebab, jika berhasil, tentu masyarakat sendiri yang akan menikmatinya. Semua warga harus bisa menjadi Duta Wisata Desa”, kata Bupati Tapsel”, Dolly Pasaribu usai meletakkan batu pertama pembangunan Desa Wisata Agro di Desa Huta Ginjang, Sabtu (24/7/2021).

Menurutnya, pembangunan Desa Wisata Agro ini sangat tepat. Sebab, Desa Huta Ginjang memiliki panorama alam yang sangat indah. Letaknya berada diketinggian sehingga bisa memandang keindahan alam dikawasan itu.

” Keindahan Desa Huta Ginjang bisa diibaratkan seperti seorang gadis cantik alami. Hanya dengan memoles sedikit saja, sudah langsung bertambah cantik. Hawanya juga sangat sejuk. Inilah indahnya kekayaan alam Tapsel”, ucapnya.

Dolly sangat yakin, kelak Desa Huta Ginjang akan menjadi tujuan wisata. Orang-orang yang merasa penat dan bosan akan datang berkunjung dan beristirahat untuk menghilangkan kejenuhan. Dan disini memang tempat yang tepat, ujarnya.

Untuk itu, dia meminta masyarakat menjaga kelestarian alamnya. Kemudian, menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi, sekarang di Desa Huta Ginjang sudah ada Bank Sampah. Masyarakat harus lebih rajin mengumpulkan sampah karena sudah laku dijual dan bisa menambah penghasilan, paparnya.

Lebih lanjut, Dolly mengaku bangga dengan terobosan camat dan kepala desa. Dimana, ditengah terpuruknya perekonomian masyarakat, mereka bisa menciptakan peluang untuk menambah penghasilan masyarakat.

” Ini sebuah terobosan dan gagasan yang bagus. Sekarang, saatnya kita bekerja secara bersama – sama untuk keberhasilan program ini”, tegasnya.

Sedangkan Camat Angkola Timur, Ricky Hadamean Siregar berharap, dengan dimulainya pembangunan itu, masyarakat Desa Huta Ginjang harus memiliki semangat baru guna meraih keberhasilan. Sebab, peluang itu sudah berada didepan mata, ujarnya.

Dijelaskan Ricky, desa wisata agro Huta Ginjang akan fokus di sektor pertanian dan kuliner khas. Sebab, struktur alamnya cenderung agraris. Jadi, sektor inilah yang akan dikembangkan, paparnya.

” Disini, ada sesuatu yang langka yaitu hawanya yang sejuk. Mulai dari pagi hingga sore, selalu sejuk. Dan pemandanganny sangat indah”, tambahnya.

Selain itu, posisi Desa Huta Ginjang merupakan juga strategis. Dia berada didaerah perlintasan menuju kawasan wisata dikawasan Kecamatan Marancar. Kemudian, berdekatan dengan Komplek Perkantoran Bupati Tapsel, yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan, tandasnya.

Turut hadir, Ketua Pemuda Tani Sumut, M Fadly Abdina, Kadis PMD, M Yusuf, Kadis Pariwisata, Abdul Saftar, Kadis Lingkungan Hidup, Sahrir Siregar, Kadis Ketapang, Efrida Yanti Pakpahan, Kadis PP dan PA, Tiorisma Damayanti, Ketua MUI Tapsel Ahmad Ghozali Siregar dan lainnya. (SB/PH).