Pemudik Tujuan Madina dan Sumbar Membludak

sentralberita | Medan ~ Jelang pemberlakuan larangan mudik, ratusan orang calon penumpang memadati loket bus Antar Lintas Sumatera yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara.

Mereka melakukan perjalanan mudik lebih awal lantaran hari ini merupakan hari terakhir angkutan bus luar kota beroperasi.

Risky, penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya mengatakan mempercepat jadwal pulang kampung karena takut tidak bisa berangkat jika lewat dari tanggal yang sudah dilarang pemerintah.

Risky berencana mudik ke kampung halamannya di Panyabungan, Mandailing Natal.

Meski merasa kesulitan harus mudik lebaran lebih awal, ia mengaku sudah memastikan kesehatannya sangat baik.
Ia mengatakan sebelum berangkat keluar kota sudah melakukan pemeriksaan swab antigen untuk memastikan terbebas dari paparan virus Corona.

“Karena ini hari terakhir mudik. Kedepannya sudah tidak ada angkutan lagi jadi hari ini pergi mudik,” katanya saat ditemui di loket bus PT ALS di Jalan Sisingamangaraja Medan, Sumatera Utara dikutip Rabu (5/5).

Di tempat yang sama, Ahmad Parlindungan juga mempercepat jadwal pulang kampungnya karena takut tidak bisa lagi berangkat.

Ia mengaku sudah menerima informasi kalau jadwal keberangkatan bus terakhir merupakan hari ini, Sehingga ia memutuskan pulang lebih awal.
Meski mudik lebih awal ia mengaku belum tahu pasti jadwal kembali ke Medan. Karena ia pun mengetahui adanya larangan berangkat keluar kota selama tujuh hari setelah lebaran.

“Tahun sebelumnya sama sih dengan tahun yang sekarang. Sama-sama sulit untuk mudik,” katanya.

Sementara itu, Humas PT Antar Lintas Sumatera, Alwi Matondang mengatakan di hari terakhir keberangkatan busnya mengaku kebanjiran pesanan penumpang dari biasanya.

Jika biasanya jumlah penumpang tidak mencapai 200 orang, kini penumpang yang sudah terdata hingga sore ini mencapai 500 orang lebih.

Hari ini merupakan hari pertama loket busnya dipadati penumpang karena mulai tanggal 5 Mei sudadh tidak lagi melayani keberangkatan penumpang.
Alwi mengatakan kalau keberangkatan hari ini merupakan keberangkatan tujuan Sumatera Barat dan Mandailing Natal.

Sementara untuk keberangkatan luar Sumatera seperti Jawa sudah mulai berhenti pada tanggal 2 Mei kemarin.
“Kalau peningkatan dibandingkan hari biasa memang ada peningkatan. Kita kan keberangkatan ini khusus  Sumatera barat, Mandailing Natal dan Tapanuli Selatan.

Hari ini total penumpang lebih kurang 500 penumpang,” kata Humas PT Antar Lintas Sumatera, Alwi Matondang, saat ditemui di kantornya di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara.

Pantauan di lokasi hingga pukul 18:10 WIB, ratusan penumpang memadati loket bus. Mereka terlihat berdesakan duduk di kursi tunggu yang berada di dala ruangan kaca.

Sementara di luar ruangan kepadatan calon penumpang juga terjadi. Terlihat puluhan orang duduk diatas barang bawaannya.

Sementara yang lainnya lagi terlihat berdiri sejajar di teras bangunan. Tidak hanya itu, para calon penumpang lain juga terlihat duduk di pinggiran tembok pembatas bangunan.

Dari pengamatan penulis, hampir dari seluruh penumpang membawa barang bawaan dalam jumlah besar.

Ada yang membawa berkotak-kotak barang, ada pula yang membawa koper berukuran besar lebih dari satu.

Sementara jumlah penumpang yang datang dari luar kota pun mencapai ratusan orang. Jumlahnya terus bertambah karena bus yang datang silih berganti.

Lonjakan penumpang ini diperkirakan akan terus bertambah karena hari ini merupakan puncak keberangkatan bus keluar kota. Sementara jadwal bus mulai besok sudah tidak melayani pemberangkatan antar kota. (tc)