Polda Sumut Tes Urine 144 Pengemudi, 8 di Antaranya Positif Narkoba

sentralberita | Medan ~ Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba  Polda Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan tes urine terhadap 144 pengemudi saat Operasi Ketupat Toba 2021. Dari pemeriksaan urine yang dilakukan, delapan orang di antaranya positif narkoba. 

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan proses pemeriksaan urine terhadap pengemudi ini dilakukan dilakukan di sejumlah titik penyekatan arus mudik lebaran di Sumut. Dari 144 orang yang dites urine, 136 orang pengemudi negatif narkoba sementara delapan orang lainnya positif. 

“Delapan orang yang positif seluruhnya merupakan pengemudi angkutan darat. Mereka tersebar di sejumlah titik pos pengamanan di Sumut,” kata Hadi, Senin (10/5/2021). 

Delapan orang yang pengemudi yang dinyatakan positif satu berada di Polres Batubara, dua orang di Polres Tanah Karo, dua orang di Polres Deliserdang. 

“Lalu dua orang pengemudi hasil urine positif mengandung narkotika jenis sabu dan pil ekstasi yang diperiksa oleh Polres Sergai serta satu orang hasil urine positif mengandung narkotika jenis sabu yang diperiksa Polres Asahan,” ucapnya. 

Selanjutnya, para pengemudi yang dinyatakan positif narkoba selanjutnya diamankan petugas untuk pemeriksaan. 

“Mereka akan dikirim ke lembaga rehabilitasi untuk proses pemulihan,” ucapnya. (in)